Kuatkan Produktivitas, WBP Lapas IIA Pamekasan Panen Kangkung Super

News Satu, Pamekasan, Rabu 9 Maret 2022- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan Jawa Timur melakukan panen perdana sayur kangkung super. Apiknya, sayuran hijau ini sebelumnya telah ditanam dengan pola profesional oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Nah, setelah berproses tanam dan pembibitan sebelum momentum itu, juga sekitar 1 bulan tahap pemeliharaan dan perawatan, sayur kangkung sudah mulai bisa dipanen. Hal ini membuktikan bahwa proses Pembinaan Kemandirian di Lapas Pamekasan dengan berkebun menunjukkan hasil yang positif dan baik.

Pembinaan kemandirian melalui berkebun sayur-sayuran di Lapas Pamekasan tidak hanya fokus pada satu macam tanaman saja. Namun Warga Binaan juga menanam berbagai macam jenis tanaman lainnya selain untuk konsumsi juga untuk dipasarkan sesuai dengan kebutuhan warga hunian.

Baca Juga :  Prajurit Kodim 0826 Disiplinkan WBP Lapas Kelas IIA Pamekasan

“Ada banyak pelatihan kemandirian yang kami berikan kepada Warga Binaan salah satunya dalam bidang pertanian. Warga Binaan kami arahkan menanam Kangkung, Kacang panjang, dan sayuran lain,” ucap Dwi puji, Kasi Giatja, Rabu (9/3/2022).

Tak ayal jika kegiatan pembinaan melalui berkebun ini merupakan salah satu kegiatan wajib yang diikuti oleh Warga Binaan Lapas Pamekasan. Sehingga kesungguhan para penghuninya dalam menjalankan program pemenuhan pangan tersebut berjalan dengan baik dan sesuai harapan bersama.

“Warga Binaan yang memiliki kemampuan ataupun ingin belajar tentang perkebunan akan kami arahkan untuk mengikuti program pembinaan melalui berkebun ini,” tukasnya.

Kegiatan ini pun wajib diikuti oleh Warga Binaan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sehingga akan menjadi bekal ketika mereka bebas kelak. Selain memang bertujuan untuk tetap memanusiakan manusia meski dalam segala keterbatasan dan sempitnya ruang ekspresi dalam lingkungan Lapas setempat selama ini.(Yudi)

Komentar