Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Tes Urine 30 Narapidana Baru

News Satu, Pamekasan, Rabu 9 Maret 2022- Terhitung pada Selasa (8/3/2022) sekitar pukul 08.30 WIB jajaran Lapas Narkotika Kelas llA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim kembali terima 30 Narapidana. Kali ini merupakan lansiran dari Rutan Kelas I Surabaya A.n Wisnu Barata bin Budi Hartono. Itu semua setelah Narapidana sudah memiliki kekuatan hukum tetap (Inkracht).

Sehingga, sesuai dengan Berita Acara Serah Terima Nomor. W15.PAS.PAS.25.PK.01.01.02 tanggal 08 Maret 2022. Mereka wajib menjalani pembinaan secara intensif di hunian Lapas Narkotika Kelas IIA di Bumi Gerbang Salam tersebut.

Proses Pelaksanaan Penerimaan 30 Narapidana dari Rutan Kelas I yang kemudian akan menjadi warga binaan pemasyarakatan (WBP) itu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. Diantaranya yakni dengan pemeriksaan kesehatan seperti mencuci tangan dan penyemprotan disinfektan sebelum memasuki area Lapas, serta mengukur suhu tubuh, berjemur terlebih dahulu dan melakukan swab test bagi Narapidana.

Baca Juga :  Ini Pesan Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jatim untuk Bintorwasdal WBP

“Hal ini kami lakukan mengingat penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia masih tinggi sehingga kami perlu memastikan narapidana kiriman dari Rutan Kelas I Surabaya tersebut tidak terkonfirmasi covid,” ujar Kalapas, Yan Rusmanto.

Selanjutnya, secara khusus juga untuk penerimaan kali ini pihak Lapas Sustik setempat juga melakukan test Urine kepada Narapidana tersebut. Tak ayal jika secara bergiliran mereka menyerahkan sampel urine masing-masing pada para petugas yang berjaga pada pagi itu.

“Untuk mengetahui Apakah mereka masih memakai barang terlarang dan Alhamdulillah, untuk hasilnya ke-30 Narapidana tidak ditemukan Narapidana yang positif,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, dalam langkah antisipasi, tim yang betugas juga lakukan pemeriksaan barang bawaan. Tentunya, semua upaya cek fisik barang ini dengan melibatkan Anjing K-9 yang memang miliki untuk menghindari masuknya barang terlarang ke dalam Lapas sebagai upaya deteksi dini.

Baca Juga :  Sinergi Olahraga, WBP Lapas Pamekasan Sparing dengan Klub Luar

Sementara itu, Ka KPLP Basuki Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan juga menerangkan bahwa setelah semua melakukan pemeriksaan. Baik mulai dari berkasnya sampai barang bawaan yang mereka bawa, tidak ditemukan barang mencurigakan.

“Tetapi kami imbau untuk patuhi aturan yang berlaku di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim” tambah Basuki.

Sebagai fase Akhir, lalu dilakukan pemeriksaan dokumen oleh tim Registrasi Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan. Kemudian dengan dibantu Regu pengamanan ke-30, Narapidana ini langsung diarahkan ke blok Mapenaling.

“Diharapkan ke-30 Narapidana dapat tetap menjaga kebersihan dirinya selama di Blok Mapenaling,” tandasnya.(Yudi)

Komentar