Pembangunan SIHT Pamekasan Tahap Dua Dianggarkan Rp 6,5 Miliar

News Satu, Pamekasan, Rabu 2 Agustus 2023- Pembangunan sentra industri hasil tembakau (SIHT) tahun 2023 ini kembali akan digelar pada tahap kedua ini. Bahkan secara khusus telah dianggarkan senilai Rp. 6,5 miliar melalui proses tender atau lelang secara resmi oleh Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan atau Disperindag setempat, Basri Yulianto dengan mekanisme lainnya, yakni sesuai aturan dengan melalui non tender.

Untuk pembangunannya akan disesuaikan dengan berbagai kebutuhan yang telah direncanakan. Sehingga ada beberapa tahapan dan fase yang dilakukan untuk pembangunan kawasan yang kompleks tersebut.

Menurut Basri juga, pembangunan SIHT tahun ini merupakan lanjutan pembangunan dari SIHT tahap pertama di tahun 2022 kemarin. Jadi saat ini pembangunan tersebut sudah masuk tender di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) sebagai wujud transparansi anggaran dan pelaksanaan program besar tersebut.

“Peruntukannya meliputi, pekerjaan bangunan gedung produksi, bangunan gedung pelayanan, pos jaga, main gate, saluran, jalan rigid dan pekerjaan instalasi air bersih,” katanya, Rabu (23/8/2023).

Tentu sesuai dengan anggaran sebelumnya, asal dari penganggaran proyek besar itu berasal dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau atau DBHCHT kabupaten Pamekasan 2023 ini. Dan semua sudah sesuai dengan hasil pembahasan dan pengesahan perencanaan yang telah dilakukan oleh stakeholder setempat.

“Dari anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) itu Rp. 6,5 miliar dilelang, kami sudah menyesuaikan dengan review perencanaan teknis,” pungkasnya.(Yudi)

Komentar