Wabup dan Masyarakat Bersihkan Sungai Perkotaan Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Jumat 21 Oktober 2022- Kegiatan berbasis pemberdayaan masyarakat untuk menjaga lingkungan terus digeber pemerintah kabupaten Pamekasan Jawa timur memasuki musim penghujan. Mulai dari keterlibatan para aparatur sipil negara atau ASN, siswa hingga para relawan sebagai elemen masyarakat dalam penanggulangan bencana daerah.

Bahkan secara detail Pemkab Pamekasan telah menentukan setidaknya 12 titik pembersihan yang akan dilibas oleh setiap tim yang telah dibagi oleh panitia sebelumnya. Mereka bergerak secara serentak setelah upacara pelepasan secara simbolis oleh Wakil Bupati RB Fattah Jasin di pelataran Lapas Kelas IIA Pamekasan di belakang kompleks gedung pemerintahan setempat.

Tampak, segenap Relawan kebencanaan, Tim Jaga Kota Kecamatan Pamekasan, Tim Brantas, Resacita, Basmapala dan perwakilan siswa, BP.13 Pramuka serta PMI Pamekasan turut ikut andil dalam aksi bersih-bersih sungai itu. Bahkan setiap jengkal sudut lingkungan yang ditetapkan BPBD Pamekasan juga disapu bersih dengan hasil Berton ton sampah yang terkumpul.

“Alhamdulillah kami semua bisa partisipasi di kegiatan bersih-bersih yang bertemakan Berkat Kasih Sayang (Bersama Masyarakat Kali Bersih Saluran Tidak Tergenang, red),” terang Rara anggota Resacita SMAN 1 Pamekasan yang juga turut hadir.

Tak ayal jika di rute pembersihan Jum’at pagi ini digelar mulai dari kali depan Lapas Kelas II A Pamekasan, kali belakang kantor Pemda sampai ke arah timur, sungai yang membelah Kelurahan Parteker kecamatan Pamekasan Kota. Selanjutnya tembus ke arah aliran sungai Kasin, terus ke arah timur di kawasan genteng kali Kelurahan Barurambat Timur, Kecamatan Pademawu.

Sekedar informasi, kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai unsur termasuk Wakil Bupati Fattah Jasin yang berjibaku dengan sampah kota dan sungai bersama perwakilan elemen dari masyarakat. Selain, tim khusus dari BPBD kabupaten Pamekasan, semua unsur Pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, elemen Swasta, serta masyarakat sekitar lokasi yang juga turun tangan bersihkan lingkungan.

“Kami mendukung dan menilai kegiatan tersebut sangat baik untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan guna pencegajan banjir perkotaan yang biasanya terjadi saat hujan lebat,” tandasnya.(Yudi)

Komentar