Pemkot Probolinggo Mendukung Pesantren Budidaya Bawang Merah

News Satu, Probolinggo, Selasa 14 November 2023- Pemkot Probolinggo, Jawa Timur, mendukung pesantren dalam budidaya bawang merah. Salah satu pesantren yang melakukan budidaya bawang merah adalah Ponpes Putri Raudlatul Muta’alinin Wonoasih, Kota Probolinggo.

“Pesantren ini, telah melakukan hasil panen plat Projeck Bawang Merah yang bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dan Universitas Brawijaya,” kata Sekda Kota Probolinggo, Ninik Ira Wibawati, Selasa (14/11/2023).

Lanjut Sekda Kota Probolinggo, pemerintah setempat sangat mendukung dan mensuport kegiatan yang dilakukan pesantren di Kota Probolinggo.

“Program Ponpes ini mendukung pemerintah dalam menekan inflasi, dan walikota sangat memperhatikan semua pesantren dengan melakukan pembinaan terkait produk-produk yang dihasilkan pesantren, perijinan, dan simbol Halal,” tandasnya.

Sementara, Manajer Kelompok Binaan Usaha Syariah Departemen Keuangan dan Ekonomi Syariah Bank Indonesia, Yasen Taufik Akbar menyatakan, bahwa BI sedang melakukan penjajakan dengan pesantren, salah satunya Pesantren Raudhatul Muta’allimin Kota Probolinggo, untuk penguatan budidaya bawang merah.

“Dari tiga jenis bawang merah yang paling bagus, yaitu Batu ijo Nganjuk dengan hasil panen 11 ton sedangkan jenis bawang merah lokal di peringkat kedua,” tandasnya.

Ketua DPD Hebidtren Jawa Timur KH Faiz  menyampaikan, saat ini semua pesantren menjadi bagian gerakan pengendalian pemasokan Ketahanan pangan Nasional.

“Salah satunya plat projek bawang merah ini,” pungkasnya. (Bambang)

Komentar