Pemkab Sumenep Dapat Tambahan Dosis dari Pemprov untuk Penyakit PMK

News Satu, Sumenep, Selasa 9 Agustus 2022- Pemerintah Kabupaten Sumenep kembali mendapatkan tambahan vaksin Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) dari Pemerintah Provinsi, Jawa Timur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto, beberapa waktu lalu saat diwawancarai media menyampaikan, Vaksin yang diterima saat ini untuk Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) kurang lebih sebanyak 12 ribu dosis.

“Kita dapat 12 ribu dosis vaksin tambahan. Vaksin ini sudah teralikasikan,” ungkapnya, Selasa (9/8/2022).

Arif menambahkan, saat ini belasan ribu dosis vaksin tersebut dipertuntukkan kepada dua kebutuhan. Diantaranya 5 ribu untuk dosis kedua dan 7 ribu lainnya ditujukan sebagai vaksinasi tahap pertama kepada sasaran baru.

“Yang 5 ribu itu untuk dosis kedua dari tahap pertama, kemudian yang 7 ribu kita alokasikan untuk vaksinasi tahap pertama. Karena untuk tahap pertama yang selesai vaksin itu ada 5 ribu hewan ternak,” ungkapnya.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, sasaran baru vaksinasi PMK sekarang difokuskan kepada hewan ternak di wilayah kepulauan, seperti Sapudi dan Kangean. Sebab sebelumnya cakupan pelaksanaan vaksinasi paling banyak di daratan.

“Yang tahap pertama itu sekarang 7 ribu, kita fokuskan ke kepulauan. Kita kirim ke (Pulau) Sapudi 5 ribu (dosis), daratan itu seribu dan sisanya itu nanti di Kangean,” tutupnya. (Zalwi)