oleh

Stabilkan Harga Sembako, Operasi Pasar Atau Lumbung Sembako?

News Satu, Sumenep, Kamis 16 Mei 2019- Operasi pasar yang dilakukan Pemerintah baik Kabupaten maupun Provinsi di setiap bulan ramadhan, seharusnya bukan hanya mampu menstabilkan harga yang sifatnya sesat. Melainkan, harus bisa menstabilkan harga secara terus menerus aga harga tetap stabil.

Ketua Asosiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) Hairul Anwar mengatakan, sudah menjadi kebiasaan atau tradisi setiap memasuki bulan ramadhan maupun hari raya Idul Fitri atau hari-hari besar keagamaan lainnya selalu terjadi kenaikan harga.

“Biasanya, Pemerintah melakukan operasi pasar agar tidak terjadi lonjakan harga yang begitu siginifikan. Padahal, operasi pasar itu sifatnya hanya sesaat, dan setelah operasi harga kembali tidak stabil,” ujarnya, Kamis (16/5/2019).

Seharusnya yang dilakukan Pemerintah adalah melakukan stabilitas harga, bukan hanya ditingkat para pedagang saja, melainkan bagi para penyuplai bahan pokok harus juga dilakukan pengawasan agar harga terus stabil.

“Jika hal ini terus dilakukan, maka ada permainan harga bahan pokok di pasaran. Selain itu, jika pemerintah terus hanya terpaku pada program operasi pasar, ya anggarannya pasti tidak cukup untuk menstabilkan harga secara terus menerus,” tandasnya.

Lanjut Hairul Anwar, berbicara khusus Kabupaten Sumenep, Pemerintah Daerah setempat harus mulai mecarikan solusi terjadinya lonjakan di Kepulauan. Sebab di kepulauan, stabilitas harga sembako biasanya di picu oleh cuaca, jika terjadi cuaca buruk biasanya harga mulai tidak stabil dan ada lonjakan yang cukup signifikan.

“Kalau di kepulauan itu, biasanya dipicu oleh cuaca. Jika cuaca buruk harga mulai tidak stabil, jika cuaca normal, maka harga akan kembali stabil,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Pangusaha muda di Sumenep ini meminta kepada Pemerintah Daerah agar membuat lumbung sembako di setiap kepulauan. Sehingga, saat terjadi cuaca buruk, tidak akan ada lonjakan harga dan masyarakat di kepulauan akan sangat tenang.

“Bangunlah lumbung sembako di setiap kecamatan di kepulauan untuk menstabilkan harga,” pungkasnya. (Nay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.