oleh

Tidak Jalankan Tugas, Kemenag Sumenep Akan Sanksi Pengawas Kepulauan

News Satu, Sumenep, Jum’at 3 September 2021- Akhir-akhir ini pengawas madrasah diwilayah kepulauan kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang berdomisili di daratan, dirumurkan tidak melaksakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan keberadaannya yang sering kali mondar-mandir di daratan alias jarang datang ke tempat mereka bertugas.

Ada sebanyak 85 orang pengawas madrasah yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengawasan di kabupaten Sumenep, baik dari tingkat RA, MTs, maupun MA. Dari 85 orang itu terbagi menjadi dua wilayah pengawasan, yakni pengawas di daratan sebanyak 68 orang, dan pengawas di wilayah kepulauan sebanyak 68 orang.

Banyak isu yang berkembang terkait pengawas madrasah di wilayah kepulauan tidak menjalankan tugasnya dengan baik, salah satu indikasinya, karena sering bolos datang ke tempat tugasnya. Namun, hal itu dibantah oleh Kepala Kemenag Kabupaten Sumenep.

Sebab menurut Kepala Kemenag Sumenep, M Juhedi, dirinya belum menerima laporan apapun terkait pengawas madrasah yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, termasuk jarang datang ke tempat mereka bertugas di wilayah kepulauan.

Dijelaskn Juhedi, sesuai regulasi yang yertuang di Peraturan Mentri Agama Nomer 2 tahun 2012, tentang pengawas madrasah dan pengawas pendidikan agama Islam, bahwa tugas pengawas melakukan penyusunan program pengawasan di bidang akademi dan managerial.

Jika tidak hadir ke tempat tugasnya, secara otomatis tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik, jika dilihat dari tugas yang tertuang di Peratutan Menteri Agama tersebut.

”Sejauh ini belum ada laporan soal pengawas madrasah yang tidak bolos. Karena selama ini masih baik-baik saja. Karena, bagaimana bisa mengawasi, kalau orangnya tidak ada di kepulauan,” katanya, Jum’at (3/9/2021).

Ia menambahkan, jikapun ada pengawas yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik dipastikan pengawas tersebut akan diberi sanksi.

“Bagi kami, jangan sampai abai terhadap tugasnya, termasuk pengawas yang bertugas di kepulauan,” pungkasnya.(Hodri)

Komentar