Linmas Desa Diberikan Pelatihan PBB hingga Penanganan Bahaya Kebakaran Skala Kecil

News Satu, Musi Banyuasin, Selasa 2 Agustus 2022- Dalam rangka meningkatkan kapasitas daripada LINMAS, Pemerintah Kecamatan Jirak Jaya Bersama, Dinas Pol PP dan Damkar Kabupaten Musi Banyuasin memberikan pelatihan kepada linmas di 12 Desa dalam wilayah kecamatan Jirak Jaya.

Pelatihan dibuka langsung oleh Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra S.E M.S.i dalam sambutanya camat memberikan apresiasi kepada seluruh linmas perwakilan dari setiap desa, dia juga berpesan agar peserta pelatihan dapat mengikuti dengan semangat dan sungguh-sungguh sehingga apa yang didapat dapat diterapkan di desa masing masing.

“Ikuti pelatihan dengan baik apa yang diberikan dipahami sehingga dapat diterapkan di desa,” ucapnya.

Sementara materi awal seluruh linmas di berikan pelatihan dasar yaitu baris berbaris (PBB), semua peserta sangat antusias mengikuti komando mudah mudahan peserta yang ada dapat memahami materi yang diberikan.

“Karena tugas dari linmas desa bukan menjaga keamanan dan ketertiban di desa namun juga ikut berkontribusi juga membantu pemerintahan desa dalam setiap kegiatan,” kata Kabid Linmas Pol PP Junaidi S.H M.S.i, saat memberikan materi pelatihan.

Usai pelatihan baris berbaris peserta juga diberikan pelatihan bagaimana mengatasi bahaya kebakaran sekala kecil seperti halnya penanganan api pada selang tabung gas sehingga dapat meminimalisir bencana kebakaran.

“Selain baris berbaris kita juga berikan pelatihan penanganan bahaya kebakaran skala kecil seperti kebakaran tabung gas ini yang sering terjadi, mudah mudahan dengan pelatihan ini nantinya linmas desa juga dapat memberikan pemahaman kepadaasyarakat terutama kaum ibu ibu,” ujar Kabid Damkar, Yusri Ali Amin S.Sos M.S.i.

Pelatihan yang diberikan pada peserta bukan hanya secara teori namun peserta juga melakukan praktek langsung mulai dari baris berbaris, kebakaran tabung gas dan penggunaan oksigen pemadam api.

“Mudah mudahan dengan pelatihan ini keberadaan linmas di setiap desa dapat benar benar membantu pemerintahan desa bukan hanya masalah ketertiban dan keamanan saja namun dapat juga membantu meminimalisir bahaya kebakaran,” tutupnya. (Iwan)

Komentar