Masker Langka Di Kota Batu, Polisi Telusuri Dugaan Penimbunan

News Satu, Kota Batu, Jumat 6 Maret 2020- Kelangkaan masker di kota Batu, membuat Kepolisian Resort (Polres) Batu bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Batu dan Satuan Polisi  Pamong Praja (Satpol PP)  Kota Batu, Jumat (6/3/2020) melakukan Inpeksi medadak (sidak) ke sejumlah apotik, gudang obat dan Puskesmas.

Sejak merebaknya kabar virus Corona atau yang dikenal dengan Covid -19, awal Januari  hingga memasuki Maret 2020  stok masker yang harganya per biji  berkisar Rp 25 ribu itu  di sejumlah apotek di kota Batu mengalami kelangkaan. Hingga akhirnya Polisi menelusuri adanya dugaan penimbunan

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan dari hasil pengecekan di lapangan di beberapa tempat diantaranya Apotik Sehat di Jalan Panglima Sudirman dan Kimia Farma Jalan Diponegoro kota Batu, ternyata ketersediaan masker di dua apotik tersebut dalam kondisi kosong,

Baca Juga :  Polres Batu Beri Penghargaan Empat Kampung Tangguh

“Dua apotik yang terbesar di kota Batu itu sejak dua bulan lalu Januari Febuari 2020  ketersediaan masker kosong, alasanya, karena tidak ada pengiriman dari distributor,” katanya.

Ia juga menjelaskan kelangkaan maskerbukan pada factor apotiknya tetapi pemesanan dari distributor tidak ada kunjung datang, belum ada pengiriman barangs aat ini, namun hasil pengecekan, Pelayanan di apotik sehat juga berjalan normal, menebus obat, tidak ada kepanikan berlebihan.

“Mudah-mudahan ke depan, Maret ini proses pengiriman, informasi dari kepala Dinas kesehatan maret ini proses pengadaan masker mulai berlangsung, Tetapi pada prinsipnya kita sudah melakukan antisipasi, agar masyarakat tidak ada kepanikan, aktifitas masyarakat berjalan normal, juga tidak ada yang  sianggap emergency,” ungkapnya

Baca Juga :  PSBB Malang Raya Diberlakukan, Pangan Kota Batu Aman Dua Bulan Ke Depan

Sementara itu, lanjut Kapolres Batu,  pengecekan dibeberapa Puskesmas, gudang farmasi dan gudang obat-obatan, yang dibawah kendali Dinas Kesehatan, stok masker masih mencukupi dan terbatas.

“Untuk wilayah kota Batu, untuk sementara tidak ada kepanikan masyarakat, berkaitan dengan keterbatasan stok masker, Dinas Kesehatan sudah melakukan antisipasi, Yang ada sekarang ini di Puskesmas, dan  tidak ada penimbunan masker,” jelasnya

Menyikapi adanya Masker langka, Kepala Dinas kesehatan kota Batu, dr. Kartika Tri Sulandari membenarkan terjadinya kelangkaan masker di pasaran tetapi dilingkungan Dinas Kesehatan dan Puskesmas masih dalam kondisi aman.

“Di Puskesmas-puskesmas ketersediaan masker masih aman, kita juga ada ketersedian cadangan, masker tersebut hanya digunakan untuk pelayanan kesehatan dan pasien, sementara untuk apotik itu karena terkendala distributornya ,” pungkasnya. (Wiyono)

Baca Juga :  Satreskoba Polres Batu Sita Ribuan Pil Koplo Dari Penjual Bakso

Komentar