oleh

Angka Pengangguran Di Bondowoso Cukup Tinggi

News Satu, Bondowoso, Selasa 25 Juni 2019- Angka pengangguran di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur masih cukup tinggi, yakni sekitar 8 ribuan. Untuk mengurangi angka pengangguran tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso menggandeng beberapa perusahaan dan Balai Latihan Kerja (BLK) Jember.

Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin mengatakan, pada saat ini untuk mencari pekerjaan harus didukung dengan keterampilan khusus dan memiliki etos kerja yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pihaknya sengaja menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat agar memiliki keterampilan khusus.

“Dengan adanya pelatihan kerja ini, saya minta dimanfaatkan dengan baik dan para peserta bisa menjadi sebagai tenaga kerja yang terampil,” ujarnya, Selasa (25/6/2019).

Lanjut orang nomor satu di Kabupaten Bondowoso ini, jika para peserta dengan serius mengikuti pelatihan dari Balai Latihan Kerja (BLK) UPT Jember Dinas Tenaga Kerjas Provinsi Jawa Timur ini, maka secara otomatis angka pengangguran akan berkurang. Sebab, mereka bisa menjadi tenaga kerja yang terampil atau bisa berwirausaha sendiri.

“Semoga menjadi tenaga yang terampil dan bisa berwirausaha sendiri, setelah selesai mengikuti pelatihan dari BLK,” ungkapnya.

Sementara menurut Kepala UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Jember, Sutrisno Spd, MM mengatakan, kegiatan berbasis kompetensi dan latihan berbasis masyarakat.

“Yang berbasis kompetensi di laksanakan di unit kerja BLK Jember, kalau pelatihan berbasis masyarakat di Pondok Pesantren, PKBM, Karang taruna dan lain-lain,”  katanya.

Pelatihan akan disesuaikan bidang sektor di Pondok pesantren atau lembaga lain yang membutuhkan.

“Kita sinkronisasikan, kegiatan apa yang kita berikan pada Pondok Pesantren tersebut, sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Menurutnya, pelatihan yang difasilitasi BLK Jember gratis. Bahkan setelah pelatihan, akan dimonitor dan diberikan surat pengantar ke perusaan mitra UPT BLK Jember yang diperkirakan ada sekitar 40 sampai 60 perusahaan.

“Dalam pelatihan yang dilakukan oleh UPT BLK  Jember ada beberapa kejuruan. Diantaranya ada pertanian, otomotif, Listrik, Bahasa, dan Tataniaga,” pungkasnya. (Rokib)

Komentar

News Feed