Santuni Ratusan Anak Yatim Piatu, Bupati Salwa Apresiasi Baznas

News Satu, Bondowoso, Jum’at 22 April 2022- Sebanyak 430 anak yatim piatu di kabupaten Bondowoso mendapatkan santunan ‘Bulan Zakat Ramadan 1443 H’ di yang bertempat di pendopo Bupati.

Santunan diberikan secara terpisah, yakni 100 anak di Pendopo Kabupaten, sementara di 23 kecamatan masing-masing ada 15 anak yatim piatu.

Ketua Baznas Kabupaten Bondowoso, Kh.Junaidi Mu’ti, menerangkan, bantuan tersebut diberikan oleh Baznas Yang memang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia setiap menjelang Idul Fitri.

“Tahun kemarin kegiatan Bulan Zakat sempat tidak ada karena Covid-19. Kita melakukan Bulan Zakat tahun ini,” katanya.

Ia menerangkan, saat ini zakat di Bondowoso masih belum bermasyarakat. Artinya dari kaum muslimin tahu tentang zakat. Namun untuk memaksimalkan pengumpulan zakatnya masih jauh dari harapan.

Sebetulnya Baznas yakin, mungkin masyarakat sudah melakukan zakat. Namun pengumpulannya tak dilakukan di Baznas. Padahal Bondowoso telah membuat badan yang sudah siap mengelola zakat yang namanya Baznas.

Ia pun berharap masyarakat di Bondowoso makin gencar membayarkan zakatnya di Baznas Bondowoso.

“Yang diharapkan pada saat ini, yang awalnya zakat pada pribadi-pribadi nanti bisa terhimpun di Baznas Bondowoso,” katanya.

Sementara itu Bupati Salwa Arifin, mengatakan, Baznas ini membantu pemerintah yang salah satunya membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena itulah, dirinya mengimbau, agar ASN dan masyarakat secara umum membayar zakat di BAZNAS.

“Karena di Bulan Zakat ini, kita semua, teman-teman OPD harus membayar zakat,” imbuhnya.

Atas terselenggaranya bulan zakat sendiri, Bupati Salwa Arifin menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya. Tentu pada kesempatan ini penekanannya yakni bayar zakat.

Utamanya, kepada masyarakat yang punya kelebihan harta. Karena zakat yang terkumpul ini akan didistribusikan kepada delapan kelompok manusia yang berhak menerima zakat ini.

Di antaranya yakni, anak yatim piatu, dan fakir miskin.

“Ini yang dilakukan pada saat ini. Yang sangat penting pada bulan zakat ini, teman-teman OPD harus bayar zakat,” ujarnya

“Saya harapkan Baznas ini lebih baik lagi. Bukan hanya kepada anak yatim piatu, tetapi pada masyarakat yang kurang beruntung lainnya,” pungkasnya.(Rokib)

Komentar