oleh

Inilah Penemu Jaringan Internet

News Satu, Jakarta, Rabu 4 April 2017- Di jaman modern saat ini, Jaringan Internet saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat. Sebab banyak hal yang bisa didapat dari adanya jaringan internet ini, diantaranya untuk mempermudah mendapatkan informasi dan komunikasi melalui fitur media sosial yang sudah menjadi trend dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan saat ini, sebagian besar handphone atau gadget sudah dilengkapi dengan jaringan internet. Sehingga setiap saat para penggunanya bisa melakukan browsing atau berkomunikasi melalui media sosial.

Namun pernahkah kita berpikir atau bertanya siapa sebenarnya yang menemukan jaringan internet ini. Tim redaksi berusaha mencari tahu siapa penemu jaringan internet dan akhirnya pada Minggu (5/4/2017), tim redaksi berhasil menemukan sebuah artikel yang menceritakan siapa penemu jaringan internet pertama kali.

Leonard Kleinrock, adalah tokoh atau ilmuan yang dijuluki sebagai bapak internet, Julukan ini melekat pada dirinya, karena dia memang tokoh penemu internet. Leonard Kleinrock lahir di Amerika Serikat tepatnya di New York pada tanggal 13 Juni tahun 1934.

Ia seorang insinyur sekaligus seorang ilmuan dengan gelar professor komputer di UCLA, sebuah sekolah teknik juga sains yang cukup bergengsi. Leonard Kleinrock mulai disorot atas keberhasilannya menciptakan internet pada tahun 1969 tepatnya di tanggal 29 oktober.

Penemuan internet ini, sebenarnya didasarkan atas ketidaksengajaan Leonard Kleinrock dalam memecah beberapa kode digital dan kemudian menjadikannya paket terpisah satu sama lainnya.

Berkat kejeniusannya ini, Leonard Kleinrock kemudian menjadi salah seorang pelopor atau pionir sistem jaringan komunikasi berbasis digital dan ia juga ikut masuk ke dalam tim yang membantu proses pengembangan ARPANET. Kejeniusan Leonard Kleinrock dimulai sejak ia menempuh pendidikan. Selama menempuh pendidikan dia dikenal sebagai salah satu pelajar yang menonjol.

Ia menyelesaikan sekolah menengah atasnya di Bronx High School of Science dan kemudian melanjutkannya ke City College of New York pada jurusan ilmu komputer. Selanjutnya, di tahun 1959 ia telah berhasil meraih gelar master. Dan, pada tahun 1963, gelar Ph.D sudah melekat di belakang namanya. Setelah menyelesaikan semua jenjang pendidikan, karirnya kemudian dimulai dengan bergabung sebagai pengajar di UCLA atau Universitas California Los Angeles.

Di tahun 1988, Leonard Kleinrock ditunjuk sebagai ketua dari Kelompok Jaringan Nasional yang ditujukan untuk Kongres Amerika Serikat. Dalam menjalankan tugasnya, mereka menyusun laporan penelitian yang sangat berpengaruh dan diaplikasikan dalam pengembangan Computing High Performance dan memiliki implikasi pada perkembangan dunia internet yang Anda dan semua orang gunakan saat ini.

Artikel penemu internet ini berhasil dihimpun dari beberapa sumber, dan pada saat ini jaringan internet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat. Selain itu dunia jauh lebih mudah dengan keberadaan internet, karena itu tak ada salahnya berterimakasih pada tokoh jenius bernama Leonard Kleinrock. (RH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.