Pemkab Sumenep Terus Pacu Percepatan Pembangunan Kepulauan

News Satu, Sumenep, Jumat 4 Mei 2018- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), nampaknya serius untuk memacu percepatan pembangunan di Kepulauan. Bahkan, pada tahun 2018 ini ada puluhan Miliar anggaran yang digelontorkan untuk membangun infrastruktur di Kepulauan, mulai dari pembangunan jalan, tangkis laut, program kelistrikan dan pembangunan Rumah Sakit di Kecamatan Arjasa, Kepulauan Kangean.

“Kami (Pemkab Sumenep, red) telah mempersiapkan anggaran untuk pembangunan di kepulauan,” kata Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Jumat (4/5/2018).

Di tahun 2018 ini, ada enam (6) titik di Pulau Sapudi yang akan dibangun tangkis laut, yakni pembangunan tangkis laut di Desa Rosong, Kecamatan Nunggunong, dengan anggaran Rp 645 juta, Desa Nunggunong anggarannya sebesar Rp 987 juta, Desa Sonok anggarannya Rp 3 miliar, Desa Sokaramme Pesisir anggarannya Rp 1,1 miliar, Rekonstruksi jalan Desa anggarannya sebesar Rp 3,9 miliar dan pembangunan tangkis laut di Desa Padike, Kecamatan Talango anggarannya sebesar Rp 1,1 miliar.

“Ada enam (6) titik yang akan dibangun tangkis laut di kepulauan. Selain itu pula kami juga akan membangun pasar di Kecamatan Gayam yang anggarannya Rp 2,3 miliar,” ujarnya.

Sejak menjabat Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi selalu memperhatikan pembangunan di kepulauan baik dari infrastruktur hingga pelayanan publik. Bahkan pada tahun 2018 ini pembangunan infrastruktur jalan di kepulauan Pemerintah Daerah menganggarkan Rp 34,55 miliar, yakni untuk kepulauan kangean sebesar Rp 16,5 dengan ricncian Arjasa 23 titik dan kangayan 11 titik.

Selain kepulauan Kangean, Pemerintah Daerah lanjut Politisi PDI Perjuangan Sumenep ini, juga menganggarkan untuk wilayah kepulauan Masalembu sebesar Rp 1,19 miliyar, dan Raas Rp 3,935 milyar.

“Sedangkan wilayah Nonggunong Rp 4,177 miliar dan Gayam 6,93 miliar, itu sudah komitmen kami (Pemkab Sumenep, red) untuk terus memacu percepatan pembangunan di kepulauan,” tandasnya.

Sedangkan dari program kelistrikan, pada tahun 2018 Pemerintah Daerah juga menganggarkan Rp 5 miliar di wilayah kepulauan Gili Raja untuk pembelian mesin Genset dan instalasi jaringan.

“Sudah menjadi tekat kami, masyarakat kepulauan harus menikmati listrik. Oleh karenanya pada tahun 2018 ini kami terus pacu program kelistrikan secara bertahap,” pungkasnya.

Achmada Fauzi pengusaha sukses di Jakarta ini berharap, semua pihak memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep dalam menjalankan semua programnya. Sehingga, setiap program yang dianggarkan pada APBD berjalan dengan dengan baik dan maksimal.

“Kami minta semua elemen masyarakat memberikan dukungan pada setiap program yang dicanangkan pemerintah daerah, sebab tanpa dukungan dari masyarakat tidak akan berjalan dengan maksimal,” pungkasnya. (red)

Komentar