Tahun 2018, Pemkab Sumenep Akan Bangun Rumah Sakit Di Kangean

News Satu, Sumenep, Selasa 8 Mei 2018- Sering dikeluhkannya pelayanan kesehatan di kepulauan, akibatnya kurang fasilitas dalam Puskesmas, serta  banyak masyarakat Kepulauan yang akan berobat ke Rumah Sakit daratan meninggal di peralanan laut. Menanggapi persoalan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) akan membangun Rumah Sakit di Desa Sambakati, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean.

“Bulan Juni 2018 proyek pembangunan Rumah Sakit di Kecamatan Arjasa, Kangean akan dibangun,” kata Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Selasa (8/5/2018).

Lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, pada saat ini sudah mulai dalam proses perencanaan pembangunan fisik pada Unit Gawat Darurat (UGD) dan Poli Spesialis dengan anggaran Rp 4,8 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018.

“Tinggal menunggu siapa pemenang lelang dari proyek tersebut, kemudian akan langsung dilaksanakan pembangunan fisik UGD dan Poli Spesialis di Rumah Sakit Kepulauan Kangean,” tandasnya.

Sesuai dengan rencana pembangunan Rumah Sakit di Kepulauan Kangean akan menelan anggaran Rp 70 miliar, mulai dari pembangunan fisiknya hingga alat kesehatan serta fasilitas lainnya. Sehingga masyarakat Kepulauan Kangean tidak perlu menemupuh jarak yang jauh untuk berobat ke daratan, melainkan cukup di Rumah Sakit yang akan dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep.

“Anggaran tersebut akan dilakukan dengan multy years, pada tahun 2018 kami mendapat anggaran sebesar Rp 5 miliar dari Alokasi Dana Khusus (DAK), kemudian pada tahun 2019, kami akan kembali mencari anggaran DAK sebesara Rp 38 miliar karena kalau APBD anggarannya terbatas. Kami mencoba menargetkan pada tahun 2021 sudah tuntas pembangunan Rumah Sakit di Kecamatan Arjasa Kangean,” ungkap Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi yang selalu memikirkan percepatan pembangunan Kepulauan ini.

Oleh karena itu, Fauzi meminta agar semua elemen masyarakat mendukung pembangunan Rumah Sakit di Kepulauan Arjasa ini. Sehingga, program pembangunan Rumah Sakit di Kepulauan Kangean yang dilakukan secara bertahap bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Sudah menjadi komitmen kami (Busyro-Fauzi, red) untuk mempercepat pembangunan di kepulauan. Terutama dalam bidang pelayanan, infrastruktur dan termasuk pembangunan Rumah Sakit di Kepulauan Kangean,” pungkasnya. (red)

Komentar