oleh

Tak Ada Fasilitas Komputer, Ribuan Siswa SMP Sederajat Di Buton Tak Bisa Gelar UNBK

News Satu, Buton, Selasa 2 Mei 2017- Ribuan siswa-siswi SMP dan sederajat di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, mengikuti Ujian Nasional (UN), Selasa (2/5/2017). Pada tahun 2017 ini, ada 52 lembaga atau sekolah yang menggelar Ujian Nasional, namun dari 52 penyelenggara tersebut tidak ada satupun yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) pada hari ini sebanyak 2.229 siswa yang tersebar di 52 sekolah yang ada, namun untuk tahun 2017 ini, tidak ada satupun sekolah yang menggelar UNBK, melainkan pelaksanaan Ujian Nasional menggunkan pensil,” kata Usman, Kepala Bidang(Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar(Dikdas) SD dan SMP, Selasa (2/5/2017)

Ia menerangkan, tidak digelarnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dan sederajat di Kabupaten Buton, akibat tidak adanya fasilita, salah satunya ketersediaan komputer maupun laptop .

“Ya karena tidak ada Fasilitas, kami terpaksa Ujian Nasional tahun ini digelar secara manual atau dengan menggunakan pensil,” terangnya.

Namun demikian, secara umum semua sekolah sudah siap melaksanakan UN. Salah satu persiapan yang dilakukan sekolah masing-masing, yakni melakukan pengayaan kepada siswa dan bimbingan khusus dalam menghadapi Ujian Nasional (UN).

“Untuk standar kelulusan itu ditentukan sekolah masing-masing melalui rapat dewan guru dan komite,” ungkapnya.

Sementara, pelaksana UN akan digelar sejak Tanggal 2,3,4, dan 8 Mei 2017, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA Terpadu. (N29)

Komentar