Petugas Gabungan Tes Urin Sopir Angkutan Umum Di Terminal Jombang

News Satu, Jombang, Senin, 15 April 2024- Petugas gabungan dari kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub Jombang) kembali melakukan tes urin terhadap ratusan sopir angkutan umum di Terminal Induk, Kepuhsari, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Langkah ini diambil untuk menjamin rasa aman dan nyaman para penumpang atau pemudik yang menggunakan moda transportasi bus selama arus balik Lebaran 2024.

Kapolres Jombang, AKBP Eko Bagus Riyadi, melalui Wakapolres Jombang, Kompol Hari Kurniawan, menjelaskan bahwa kegiatan tes urine ini bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba serta mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas selama arus mudik balik Lebaran.

“Dari hasil tes urine terhadap ratusan sopir angkutan umum, tidak ditemukan tanda-tanda penggunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang. Hal ini memberikan jaminan keamanan bagi para penumpang,” ungkap Hari, Senin (15/4/2024).

Selain tes urine, petugas juga melakukan tes kesehatan dan memberikan imbauan kepada para pemudik yang ada di dalam bus. Tes kesehatan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para sopir angkutan umum yang akan menempuh perjalanan jauh.

Hari juga mengimbau kepada para pemilik usaha jasa layanan transportasi umum agar menyiapkan sopir cadangan sebagai langkah antisipasi jika sopir utama mengalami kelelahan.

“Dalam kondisi arus lalu lintas yang padat selama masa arus balik Lebaran, penting bagi pemilik usaha angkutan umum untuk menyiapkan sopir cadangan guna menjaga keselamatan penumpang dan sopir itu sendiri,” pungkasnya.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan pihak terkait dalam menciptakan kondisi transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat selama masa arus mudik dan balik Lebaran. (Tuafan)

Komentar