News Satu, Ogan Komering Ilir, Jumat 9 Agustus 2019- Jelang hari raya Idul Adha 1440 H, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak), menerjunkan puluhan dokter hewan untuk melakukan pengecekan terhadap hewan yang akan dijadikan kurban.

“Untuk memastikan hewan kurban sehat semua, kami lakukan pemeriksaan,” ujar Kepala Disbunak Kabupaten OKI, Aris Panani, SP, M.Si, melalui Kasi Kasmabet, Amril Alamsyah, S.Pt, Jumat (9/8/2019).

Pemeriksaan fisik kesehatan hewan kurban yang dilakukan, meliputi pemeriksaan apakah hewan kurban yang akan dijual itu tidak diare, belekan, discharge (Pilek), cacat dan lain sebagainya. Selain itu, juga pemeriksaan pada umur apakah hewan kurban sudah masuk Musinnah kurban (ketentuan umur berdasarkan tumbuhnya gigi).

“Kita juga melakukan pengobatan terhadap hewan – hewan yang mengalami sakit ringan seperti diare dan pilek langsung dilakukan pengobatan oleh Tim Medis, agar disaat hari raya idul adha hewan tersebut kondisinya sehat,” ujarnya.

Berdasarakan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di wilayah Kecamatan Kayuagung, terdapat 83 ekor kambing dan 12 ekor sapi semua sehat.

“Kami juga akan melakukan pemeriksaan di 4 4 titik penjualan hewan kurban, yakni di Kelurahan Kutaraya, Desa Serigeni dan Pasar Kayuagung,” tandasnya.

Sementara, pantauan dilapangan harga hewan kurban untuk kambing dipatok Rp 2 juta hingga Rp 6 juta, sedangkan sapi dipatok Rp 15 juta hingga Rp 30 juta. (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.