Antisipasi Banjir, Pengerukan Sungai Dimulai di Desa Krettek Pademawu

News Satu, Pamekasan, Selasa 8 Maret 2022- Sebagai langkah taktis pemerintah kabupaten Pamekasan Jawa timur untuk menanggulangi dampak banjir tahunan yang terjadi selama ini, banyak upaya telah dijalankan. itu selain mengunjungi rumah warganya, kepala daerah setempat, Bupati Baddrut Tamam juga mengecek langsung sungai yang meluap saat banjir beberapa waktu lalu, mulai awal pekan ini.

Tak ayal jika dikesempatan itu, Pihaknya bersama Pemprov Jawa Timur sudah melakukan pengerukan sungai sebagaimana arahan dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Lalu juga akan membangun fasilitas bronjong di aliran sungai tersebut sebagai penahan tanah di tebing sungai agar tidak mengalami longsor saat air meluap lagi.

“Sekarang pengerukan sungai sudah dimulai dari Dusun Krettek Desa Pademawu Barat,” ungkapnya, Selasa (8/3/2022).

Sebelumnya, Bupati Pamekasan itu melakukan kunjungan ke dua rumah warga di Bumi Gerbang Salam secara bergiliran, pada Senin Siang. Pertama yakni mengunjungi Rodiyah (45) warga RT 03 Kelurahan Jungcangcang, dan kedua rumah Mattamin (50) warga RT 02 Kelurahan Jungcangcang dengan memberikan bantuan paket sembako, selimut, alat masak dan lainnya.

Pasalnya, kedua warga itu tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH) dan menjadi korban banjir yang menimpa Pamekasan pada hari Selasa, 1 maret 2022 lalu. Bahkan dalam bencana terbesar itu, rumah yang selama ini didiami Rodiyah roboh akibat terjangan banjir tersebut.

“Tolong ini rumahnya dibantu, rumahnya dibangunkan,” kata Bupati Baddrut Tamam pada Kepala DPRKP Muharram di lokasi.

Selain itu, Bupati juga meminta Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Moch. Tarsun agar memasukkan data keduanya agar bisa mendapat bantuan program keluarga harapan (PKH).

“Ini katanya tidak dapat PKH pak, tolong dibantu ya,” tuturnya.

Nah, berkenaan dengan itu juga, disaat bersamaan Bupati Baddrut Tamam langsung meminta kepada warga tersebut untuk menyerahkan berkas. Itu sebagai persyaratan formil dan administrasi agar bisa mendapat bantuan PKH dan RTLH kepada Dinas terkait, yang nantinya bisa melalui lurah setempat.(Yudi)

Komentar