Disdikbud Pamekasan Format Pondok Ramadhan Dengan Hafidz Al Qur’an Juz Amma

 

News Satu, Pamekasan, Jumat 23 April 2021- Ada yang berbeda dalam format Kegiatan pondok Ramadhan 1442 H di lingkungan lembaga sekolah Kabupaten Pamekasan Jawa Timur.

Biasanya yang ada dalam kemasan program pondok ramadan langsung diserahkan kepada lembaga sekolah. Setiap sekolah boleh berinovasi, baik waktu pelaksanaannya maupun bentuk kegiatannya.

Sebelumnya, memang sekolah boleh mengisi kegiatan Ramadhan sesuai situasi dan kondisi sekolah. Hal yang berbeda hanyalah durasi waktu pelaksanaan bagi peserta didiknya.

Ada yang selesai ba’dha shalat duhur, selepas tarawih atau menginap di sekolah. Tentunya, yang terpenting diisi dengan kegiatan keagamaan, misalnya tadarus, salat berjamaah, dan pembagian zakat fitrah.

Khusus 2021 tahun ini, Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui dinas pendidikan dan kebudayaan atau Disdikbud setempat, langsung ditetapkan dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pamekasan. Terutama, kegiatan pondok Ramadhan bagi jenjang sekolah dasar (SD) dan jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dilakukan secara serentak.

Dengan mengusung tema ‘Gerakan Menghafal dan Menulis Al-Qur’an Juz 30’, kegiatan format baru ini dimulai sejak 19 April 2021 sampai dengan 24 April 2021 mendatang.

Menurut Kepala Disdikbud Kabupaten Pamekasan, Akhmad Zaini, tujuan diadakannya kegiatan pondok ramadan dengan terpadu ini, agar siswa lebih memahami Al Qur’an. Itu melalui pola belajar dan menghafal seluruh isi surat-surat pendek yang ada di dalam Juz 30 (Juz Amma) dan juga bisa menuliskannya.

Lalu, sebagai output setiap sekolah, diakhir pelaksanaan kegiatan pondok Ramadhan, bisa menyerahkan beberapa dokumen bukti fisik pelaksaan kegiatan. Sekaligus bukti ketercapaian program pondok ramadan.

“Misalnya, format penilaian ketercapaian hafalan Juz 30 siswa dan satu naskah tulisan Juz 30 (Juz Amma) karya siswa,” ungkapnya pada media.

Tak ayal, kegiatan ini disambut antusias oleh seluruh sekolah di Bumi Gerbang Salam. Terbukti, beberapa sekolah mendokumentasikan kegiatan pondok ramadan yang dilaksanakan di sekolahnya masing-masing dan mengunggahnya di media sosialnya.

“Semoga Allah meridai kegiatan ini. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi seluruh siswa di jenjang SD dan SMP di Kabupaten Pamekasan,” imbuhnya, Jumat (23/4/2021) pagi.

Sementara itu, Munhari Kasie peserta didik bidang SMP dan SD Disdikbud setempat, dalam kunjungannya ke beberapa sekolah menerima respon yang luar biasa atas inisiasi Kepala Disdikbud.

“Alhamdulillah mendapat tanggapan positif baik dari siswa maupun orang tua. Semangat siswa dalam menghafal dan menulis juz 30 ini sangat tinggi. Saya mendapatkan beberapa siswa kelas 6 SD sudah hafal juz 30 (juz amma),” tutupnya. (Yudi)

Komentar