HEADLINEJAKARTANASIONALNEWSNEWS SATUPEMERINTAHAN

Pemerintah Relokasi Posko Pengungsian Korban Banjir Lahar Dingin Di Sumbar

4173
×

Pemerintah Relokasi Posko Pengungsian Korban Banjir Lahar Dingin Di Sumbar

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Relokasi Posko Pengungsian Korban Banjir Lahar Dingin Di Sumbar
Pemerintah Relokasi Posko Pengungsian Korban Banjir Lahar Dingin Di Sumbar

News Satu, Jakarta, Sabtu 18 Mei 2024- Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) sedang bergerak cepat untuk memindahkan posko pengungsian dan dapur umum bagi para korban banjir lahar dingin.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengumumkan langkah ini sebagai respons terhadap temuan bahwa beberapa posko pengungsian berada di jalur potensial aliran lahar yang berbahaya.

“Saya telah memetakan overlay antara lokasi pengungsian yang telah berdiri dengan potensi jalur lahar dingin. Setelah itu, kami memasang geotek di situ, dan ternyata posko tersebut berdiri di jalur aliran lahar. Oleh karena itu, kami akan segera memindahkan posko-posko tersebut,” katanya, Sabtu (18/5/2024).

Dua posko yang akan dipindahkan adalah posko di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam. Posko di Kabupaten Tanah Datar telah dipindahkan, dan pemindahan posko di Kabupaten Agam akan dilakukan secepatnya.

“Di Kabupaten Agam, instruksi saya datang pada malam hari, sehingga kami tidak dapat segera memindahkan posko tersebut. Namun, ini adalah prioritas kami, dan kami akan melaksanakannya sesegera mungkin,” tambah Risma.

Pemerintah juga berencana untuk menandai jalur lahar dingin dan jalur evakuasi untuk memudahkan warga memahami potensi bahaya yang ada. Ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dan mitigasi bencana yang dilakukan oleh Kementerian Sosial.

“Kami berencana merelokasi sementara seluruh rumah warga yang berada di jalur lahar dingin, baik yang sudah terdampak maupun belum. Ini adalah langkah proaktif kami untuk meminimalisir kerugian jika Gunung Marapi kembali mengalami erupsi dalam waktu dekat,” pungkas Tri Rismaharini.

Pemerintah Sumatera Barat bekerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk memastikan bahwa proses relokasi berjalan lancar. Komunikasi dengan masyarakat juga ditingkatkan untuk memastikan pemahaman yang baik tentang langkah-langkah yang diambil dalam menghadapi situasi darurat ini.

Dengan langkah-langkah yang diambil, pemerintah berharap dapat meningkatkan keselamatan warga dan mengurangi risiko dampak dari erupsi Gunung Marapi dan banjir lahar dinginnya. Pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat terdampak. (Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.