Pemkab Pamekasan Gelar Turnamen Silat Tradisional Gul Gul

News Satu, Pamekasan, Selasa 26 Juli 2022- Pemerintah kabupaten Pamekasan Jawa Timur terus berkomitmen untuk mengangkat nilai budaya dan olahraga tradisional setempat untuk lebih berkembang. Tak hanya itu, melalui semangat besar tersebut, mereka meramu ide dan gagasan menjadi satu gelaran apik yang kemudian aja dijadwalkan jadi rutinitas agenda tetap.

Buktinya, melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Pariwisata atau Disporapar kabupaten Pamekasan gelaran Pencak silat Tradisional yang kerap dikenal Gul Gul digelar mulai Selas pagi ini. Tak ayal jika digeber secara resmi dan meriah di Gedung Olahraga atau Gor Nyalaran yang sudah di revitalisasi dengan apik sebelumnya.

Spesialnya, Kepala Kantor Kementerian Agama, Mawardi, juga turut mendukung acara dengan menghadiri Upacara Pembukaan. Yang memang dikhususkan untuk agenda Seleksi Atlet Turnamen Bupati Cup 2022 di dalam Gor Nyalaran, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Baca Juga :  Antisipasi Gangguan Keamanan, Polres Sumenep Perketat Pengamanan Di PPK

Nampak, dalam upacara Seleksi Atlet Turnamen itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, RB Fattah Jasin, yang sekaligus memimpin pembukaan upacara tersebut. Turut hadir juga Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bumi Gerbang Salam, dan para Kepala Dinas yang berada di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

Menurut kepala Disporapar Pamekasan Kusairi, sebelumnya acara turnamen itu diawali dengan pertunjukan kesenian pencak silat. Lalu juga dilanjut gelar seni, can macanan (hiburan adat Madura; seperti Gong Bali) dan kesenian lainnya yang diiringi oleh musik tradisional madura.

Tentu semua upaya pelestarian Kebudayaan dan olahraga tradisional itu masuk dalam kegiatan akbar. Bahkan dengan resmi diadakan oleh Disporapar dan bisa terus mendapatkan apresiasi serta dukungan berbagai lapisan masyarakat di Madura.

Baca Juga :  PT Berkah Rahmat Ilahi Sumenep Diduga Asal Pupuk yang Ditangkap

“Kami (Kemenag Kabupaten Pamekasan, red) mengapresiasi kegiatan ini dan dapat menjadi media dalam menjaring dan mengembangkan potensi atlet berbakat di Pamekasan,” tukas Kepala Kemenag Pamekasan muda itu. (Yudi)

Komentar