Pj Bupati Pamekasan Menegaskan Pentingnya Kodrat ASN dalam Pelayanan Publik

News Satu, Pamekasan, Sabtu 20 April 2024- Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur Masrukin, menyoroti pentingnya kodrat aparatur sipil negara (ASN) dalam memberikan pelayanan publik yang prima pasca perayaan Lebaran.

Beliau menekankan bahwa ASN harus kembali kepada tujuan awal mereka sebagai abdi negara, yaitu sebagai pelayan masyarakat melalui layanan publik yang berkualitas dan penuh tanggung jawab.

“Proses pelayanan publik seringkali memiliki berbagai problematika. Meskipun kita telah berupaya secara optimal, masyarakat masih seringkali merasa bahwa layanan yang diberikan lambat, atau bahkan meragukan kejujurannya. Oleh karena itu, kita harus berusaha terus meningkatkan mutu pelayanan,” ujar Masrukin pada Sabtu (20/4/2024).

Masrukin juga mengingatkan bahwa semangat membangun etos kerja, didasarkan pada niat tulus untuk beribadah kepada Allah dalam setiap tugas yang dilakukan, merupakan hal yang sangat penting bagi ASN. Namun, dia menekankan bahwa pelayanan kepada masyarakat bukan semata-mata tentang bonus gaji atau tunjangan, tetapi lebih tentang tanggung jawab dan komitmen.

“Kita dihadapkan dengan berbagai persoalan berat, dan kita harus mampu menyelesaikannya dengan penuh tanggung jawab. Disiplin juga merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan tugas-tugas berat tersebut,” tambahnya.

Masrukin menegaskan bahwa sikap disiplin harus tertanam kuat dalam diri setiap ASN dan non-ASN. Tidak hanya dalam hal disiplin diri, tetapi juga dalam berorganisasi, dengan tidak menjadi pengkhianat di dalam organisasi tersebut.

“Kita harus mengembalikan semangat ukhuwah di antara kita, baik di lingkungan ASN maupun non-ASN. Semangat kekeluargaan di lingkungan pemerintah harus ditanamkan kembali, bersama dengan semangat disiplin yang kuat,” pungkasnya.

Dengan demikian, Masrukin berharap bahwa dengan semangat dan komitmen yang kuat dari semua pihak, pelayanan publik yang prima dan berkualitas akan menjadi kenyataan di Pamekasan. (Yudi)

Komentar