TNI Bersama Warga Pamekasan Bersihkan Sungai Gladak Anyar

News Satu, Pamekasan, Rabu 6 Desember 2023- Berbagai upaya untuk mengantisipasi potensi banjir tahunan di musim penghujan dilakukan semua elemen masyarakat. Termasuk jajaran tentara Kodim 0826/Pamekasan yang melaksanakan karya bakti pembersihan sepanjang area sungai Gladak Anyar.

Mereka berkumpul dan sinergi di bilangan Jl. Jembatan Baru GG IV, Kelurahan Gladak Anyar, Kabupaten Pamekasan. Bahkan nampak juga tim redaksi cepat badan penanggulangan bencana atau BPBD kabupaten Pamekasan di bibir sungai tersebut.

Pasalnya sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, ini merupakan bagian dari program rutin Kodim 0826/Pamekasan. Khususnya dalam mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan pada tahun ini yang diperkirakan mulai mengintai.

Menurut Kasdim 0826/Pamekasan, Mayor Cpl Suwandi, berbagai kegiatan itu butuh keterlibatan masyarakat. Sebab itu sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan aman dari potensi bencana.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat juga dapat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar, sehingga dampak buruk banjir dapat diminimalkan,” katanya, Rabu (6/12/2023).

Tak ayal jika di kesempatan kali ini, ihak Kodim 0826/Pamekasan juga bekerja sama dengan pemerintah kecamatan kota. Lalu juga melibatkan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), selain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan partisipasi warga sekitar.

Mayor Cpl Suwandi menegaskan upaya dalam pencegahan banjir tidak hanya menjadi tanggung jawab TNI atau jajaran tentaranya. Juga melainkan, tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat sebagai wujud sinergi menjaga lingkungan hidup bersama.

“Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, kesadaran akan pentingnya lingkungan bersih dapat semakin tersebar di tengah masyarakat,” pungkasnya. (Yudi)

Baca Juga :  Hari Juang TNI AD Ke-78, Prajurit Kodim 0826 Ziarah TMP Panglegur

Komentar