oleh

Dimasa Pandemi Covid-19, Pegiat Seni Budaya Kota Probolinggo Tetap Eksis

News Satu, Probolinggo, Sabtu 15 Januari 2022- Sanggar seni yang berada di Kelurahan Trenonegaran, kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur, meggelar kegiatan dalam rangka HUT ke-12 tahun Sanggar Seni Budaya. Dengan rangkaian kegiatan menampilkan tarian dan reog ponorogo.

Mbah Guco, selaku Pimpinan acara tersebut, mengatakan, kegiatan itu dalam rangka merayakan HUT Sanggar Budaya ke-12, yang dilaksanakan setiap tahun. Juga terdapat kegiatan ritual memohon tolak bala’ kepada sang Pencipta (Allah) dalam rentetan acara tersebut, menurutnya, hal itu dilakukan supaya kita semua dijauhi dari musibah bencana dan memohon keselamatan.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka HUT sanggar seni budaya yang ke 12 tahun. Selain itu mengadakan ritual tolak balak untuk keselamatan masyarakat khususnya kota Probolinggo,” imbuhnya, Sabtu (15/1/2022).

Acara tersebut dilaksanakan sejak pukul 12.30 Wib sampai menjelang magrib. Selanjutnya, akan dilaksanakan pentas seni hingga selesai, serta melakukan penerapan prokes Covid-19 dengan ketat,” sambungnya.

Sementara, secara terpisah Plt Disbudpar Kota Probolinggo, Fajar, mengatakan, dimasa pandemi Covid-19 ini Disbudpar tetap melakukan promosi seni budaya dan wisata melalui digital medsos. Agar kegiatan kesenian dan budaya di kota Probolinggo tidak vakum.

“Pemerintah kota Probolinggo melalui disbudpar berkeinginan dimasa pandemi bisa mempromosikan wisata budaya bersama pelaku seni. Harapannya dengan kegiatan ini menambah semangat pelaku budaya masih bisa berkreasi dan menunggu masa pandemi berakhir,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, kegiatan seni budaya banyak disenangi oleh kaum pemuda di kota Probolinggo apalagi lewat digital medsos dimasa pandemi ini.

“Supaya tidak vakum untuk mempromosikan budaya ini, walaupun dimasa pandemi covid-19 tetap disenangi para pemuda melalui medsos dimasa digital ini,” pungkasnya.(Bambang)

Komentar

News Feed