Hasil Audit BPK, LSM Laporkan Dugaan Korupsi Di Kota Probolinggo

Spread the love

News Satu, Probolinggo, Jumat 31 Maret 2023- Dugaan adanya korupsi di  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan di Kota Probolinggo, Jawa Timur, dilaporkan ke Polisi oleh 3 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Tiga LSM yang melaporkan tersebut yakni, LSM Lingkar Indonesia Hebat Kota Probolinggo, LSM Laskar Merah Putih, dan LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara Indonesia. Ketiga LSM ini mendatangi Polres Probolinggo Kota, untuk melaporkan adanya dugaan korupsi di Dinas Sosial, Pemberdayaan, Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja.

Selain itu, juga melaporkan dugaan korupsi di Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan, Kecamatan Wonoasih dan Kecamatan Mayangan, karena mereka menemukan adanya kejanggalan dalam penggunaan anggaran, serta berdasarkan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan Pemkot Probolinggo tahun 2021.

Baca Juga :  KM Multi Prima Tenggelam, TNI Polri Probolinggo Berhasil Evakuasi 7 ABK

Dalam laporannya ada empat temuan yang dilaporkan ke Polres Probolinggo Kota yaitu, hasil pemantauan tindak lanjut dari tahun anggaran 2004 hingga 2020. Total ada 346 temuan dengan 776 rekomendasi. Dari jumlah ini, 655 rekomendasi telah sesuai, 40 rekomendasi belum selesai, dan 81 rekomendasi belum ditindaklanjuti.

“Untuk tahun 2021 saja, ada 16 rekomendasi yang belum selesai dan 81 rekomendasi belum ditindaklanjuti. Bahkan, ada juga satu temuan pada 2006 hingga kini belum sesuai,” kata aktivis dari LSM  Lingkar Indonesia Hebat Kota Probolinggo, Agus Sugianto Jumat (31/3/2023).

Komentar