Inseminasi Buatan, Peternak Di Sampang Diwajibkan Membayar

News Satu, Sampang, Selasa 30 April 2024- Perubahan besar terjadi dalam sektor peternakan di Sampang, Madura, Jawa Timur, dengan diberlakukannya biaya untuk layanan inseminasi buatan (IB) pada hewan ternak.

Arif Rahman Hakim, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan mengatakan, bahwa IB kini tidak lagi disubsidi oleh pemerintah, sehingga peternak diharuskan membayar sesuai dengan tarif yang berlaku jika ingin menggunakan layanan tersebut.

“Inseminasi buatan kini tidak lagi gratis. Artinya para peternak harus membayar sesuai tarif yang berlaku,” jelasnya, Selasa (30/4/2024).

Selain itu, Arif juga mengungkapkan adanya kekurangan stok IB jenis sapi Madura tahun ini, yang disebabkan oleh mayoritas impor sapi jenis Limosin. Namun yang menarik, tidak ada patokan harga yang tetap terkait biaya IB.

“Para peternak bisa melakukan pembayaran sesuai kesepakatan langsung di lapangan dengan dokter hewan,” pungkasnya.

Perubahan ini menandai awal dari era baru dalam manajemen peternakan, dengan implikasi besar bagi keputusan dan strategi para peternak di wilayah tersebut. Akan terus dipantau untuk informasi lebih lanjut mengenai perkembangan situasi ini. (Mad)

Komentar