Puluhan Desa Di Sampang Rawan Kekeringan

News Satu, Sampang, Jumat 2 September 2022- Puluhan Desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, rawan kekeringan. Berdasarkan data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, 63 Desa yang tersebar di 10 Kecamatan mengalami kering kritis.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sampang, Asroni menyampaikan pihaknya kan bekerja sama dengan PDAM dalam penyaluran bantuan air bersih ke wilayah terdampak.

“63 desa yang masuk kategori kering kritis itu tersebar di 10 kecamatan dari  14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang. Untuk 4 Kecamatan yang tidak masuk kekeringan yaitu Jrengik, Omben, Ketapang dan Camplong. ,” katanya, Jumat (2/9/2022).

Data tersebut berdasarkan laporan dari masing-masing kecamatan. Saat ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan OPD untuk meninjau kembali fakta di lapangan.

“Kategori kering kritis, dikatakan Asroni apabila jarak antar rumah dari sumber air lebih dari lima kilometer,” pungkasnya.

Dari 14 Kecamatan di Kabupaten Sampang, hanya 4 Kecamatan yang tidak mengalami krisis air bersih, yakni Kecamatan Jrengik, Omben, Ketapang dan Camplong. (Mad)

Komentar