Disdik Sumenep Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan

News Satu, Sumenep, Kamis 16 Mei 2024- Dalam persiapan menyambut masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendorong semua satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitasnya.

Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra, menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dengan memberikan prioritas pada sekolah negeri.

“Dalam situasi persaingan antara satuan pendidikan, terutama antara sekolah negeri dan swasta, kami mengimbau masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah negeri. Namun, persaingan ini harus dilakukan dengan sehat, dengan meningkatkan kualitas pendidikan masing-masing,” ujar Agus, Kamis (16/5/2024).

Disdik Sumenep menekankan bahwa peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan melalui berbagai cara, termasuk pengembangan program ekstrakurikuler yang menarik minat masyarakat dan penyesuaian program pendidikan dengan kearifan lokal.

“Kami memahami pentingnya menarik minat masyarakat dengan kegiatan ekstrakurikuler yang bervariasi dan relevan dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Melalui program pendidikan yang disesuaikan dengan kearifan lokal, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan antusiasme masyarakat terhadap pendidikan,” tambah Agus.

Lanjut Kepala Disdik Sumenep, pihaknya juga mengajak sekolah untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, sambil terus mengikuti terobosan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah, seperti zonasi tempat tugas guru pegawai negeri sipil (PNS).

“Kami berharap kebijakan zonasi tempat tugas guru PNS dapat mendorong para guru untuk lebih aktif dan maksimal dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di sekolah,” pungkasnya.

Dengan upaya yang terus dilakukan oleh Disdik Sumenep untuk memperbaiki pelayanan kepada guru dan tenaga pendidik, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pelaksanaan program pendidikan di Kabupaten Sumenep. (Robet)

Komentar