Pasar Induk Kota Batu Miliki Tiga Lantai Dirancang Dengan Konsep Green Building

News Satu, Kota Batu, Senin 14 September 2020- Pembangunan proyek  Pasar Induk Kota Batu yang rencana pengerjaannya dimulai awal tahun 2021 yang memiliki tiga lantai itu akan mengusung konsep ‘Green Building’, pasar yang berada di jalan Dewi Sartika kota Batu ini akan menjadi pasar ramah lingkungan.

Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Batu Bangun Yulianto mengatakan  target penyelesaian Detail Enginering Desain (DED) pada bulan Oktober dan Pengerjaan proyek akan dilakukan awal 2021. Dan berikutnya konsep akan diserahkan ke Kementerian PUPR.

“Diharapkan tahun 2021 anggaran dari Pemerintah Pusat senilai Rp 200 Miliar yang tertuang dalam Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di wilayah Jatim bisa terealisasi,” jelasanya, Senin (14/9/2020).

Pasar yang dibangun dengan konsep green building ini diyakini sebagai pasar yang ramah lingkungan. Karena tidak seluruhnya lahanya  digunakan untuk pembagunan pasar, tetapi sekitar 30 hingga 40 persennya untuk penghijauan.

“Dengan konsep green building akan ada efisiensi terhadap berbagai sumber daya yang digunakan untuk pembangunan pasar, baik listriknya, air maupun sumberdaya lainnya. Ini dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan,” tandasnya.

Kuswiyadi Ahli struktur PT Saranabudi Prakarsaripta, memaparkan  di depan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).bahwa konsep green building pasar tradisional akan dapat menjadi ikon bangunan ramah lingkungan dan mendukung pembangunan yang hemat energi.

Green building atau bangunan hijau menjadi pilihan yang dirasa paling tepat karena menerapkan aspek-aspek dan prosesnya yang ramah lingkungan, dengan penggunaan sumber daya secara efisien mulai perencanaan, pembangunan, operasional, pemeliharaan, renovasi, pengolahan limbah hingga pembongkaran dari bangunan tersebut.

“Aspek Green Building ada empat meliputi penerapan material, penggunaan energi, penggunaan dan pengelolaan air, kesehatan, keamanan dan kenyamanan penghuni,” kata Kuswiyadi.

Tujuan utama penerapan konsep green building adalah untuk meminimalkan dampak yang akan disebabkan dalam bangunan tersebut baik itu selama pelaksanaan dan selama penggunaan.

Komentar