oleh

Bangun Plengsengan, Warga Bondowoso Gelar Aksi RP 10 Ribu

News Satu, Bondowoso, Rabu 19 Juni 2019- Tidak adanya perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, warga Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin, melakukan aksi donasi Rp 10 ribu.

“Dana yang berhasil di kumpulkan dari warga itu, untuk pembangunan plengsengan jalan. Bahkan, ada sebagian warga yang menyumbang semen dan pasir,” kata Kepala Dusun Panjelin Timur, Mashuriyanto, Rabu (19/6/2019) kepada reporter newssatu.com.

Aksi Rp 10 ribu ini, terpaksa dilakukan karena belum ada perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso. Padahal kondisi jalan tersebut sangat memprihatinkan dan sering terjadi kecelakaan.

“Jalannya sudah amblas, dan takutnya pas ada mobil yang melintas nanti terguling,” tandansya.

Rusaknya jalan tersebut, sudah diusulkan ke Pemerintah Desa. Namun, ternyata dalam musrembang tidak bisa dianggarkan.

“Sudah empat kali saya usulkan, tapi memang belum ada program katanya,” tukasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Sumber Canteng, Nurhasanah, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sedang menunggu kabar rencana pembangunan plengsengan. Karena memang sebelumnya, kata dia, masyarakat di dusun Penjelinan Timur meminta untuk diberikan bantuan. Namun demikian, pihaknya mengaku tidak medapatkan pemberitahuan sama sekali.

“Sebelum pelaksanaan dari RT nya kan laporan, pas hari raya tiga hari itu saya kesana silaturahim. RTnya bilang ada tarikan dana yang punya sepeda. Ya saya bilang ndak papa, kalau keburu monggo,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (18/6/2019).

Dia mengaku juga minta diberi tahu kalau pelaksanaan, untuk menyumbang semennya. Ternyata setelah pelaksnaan tidak ada laporan. Terkait dengan, usulan di Musrenbang pihaknya mengaku bahwa yang diusulkan pada Musrenbang itu bukanlah lokasi tersebut yang diusulkan.

Bahkan, pada tahun 2019 ini sebenarnya ada dua titik di wilayah dusun itu yang akan dilakukan pembangunan, yang dianggarkan di Dana Desa 2019 ini.

“Yang diusulkan yang sebelah timur itu, yang tebing yang tinggi, sudah dibangun itu. Sekarang yang di sana rusak mintaknya sekarang juga,” jelasnya.

Desa Sumber Canting, merupakan salah satu desa di kecamatan  Wringin  yang berbatasan dengan Kabupaten Situbondo tersebut. (Rakib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.