oleh

Dinkes Bondowoso Gelar Inspeksi Mamin Di Pasar Dan Toko Modern

News Satu, Bondowoso, Rabu 5 Mei 2021-  Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, melakukan Inspeksi sejumlah pasar tradisional dan toko modern. Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pemeriksaan makanan dan minuman (mamin) di sejumlah pasar di kota serta juga di pinggiran, seperti toko-toko yang ada di Kecamatan Grujugan, Maesan dan sejumlah lokasi lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, dr Mohammad Imron mengatakan, Sidak tak hanya tradisional dan pasar modern berjaringan atau minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Basmalah dan sebagainya. Pihaknya juga sidak toko-toko tradisional yang menjual makanan dan minuman, yang dikonsumsi oleh masyarakat.

“Sidak tersebut untuk memastikan bahwa produk makanan dan minuman yang dijual atau yang ada di rak, benar-benar aman dari sisi kesehatannya,” terangnya, Rabu (5/5/2021).

Masih kata dia, ada beberapa poin yang diperiksa tim dari Dinkes, diantaranya apakah sudah terdaftar di BPOM. Selanjutnya untuk UMKM apakah sudah memiliki PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), termasuk pencantuman masa kadaluarsanya. Sehingga lanjut dia, tidak menimbulkan dampak dampak kesehatan pada saat dikonsumsi oleh masyarakat tertentu. Apalagi jelang lebaran ini, konsumsi masyarakat meningkat.

“Kita juga melihat kemasan produk, apakah ada kemasan yang rusak, pecah, terbuka ataupun yang penyok, atau ada jamur di dalam makanan, contoh di roti dan makanan lainnya,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.