Wapres Tekankan Hilirisasi SDA

News Satu, Jakarta, Rabu 15 Februari 2023- Pemerintah Republik Indonesia (RI) menekankan pentingnya hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA). Oleh karena itu, produk-produk Sumber Daya Alam (SDA) harus dikelola dengan baik dan tidak dijual dalam bentuk mentah.

“Pemerintah menginginkan agar sumber daya alam itu tidak hanya tidak jual dalam bentuk mentah. Tetapi kita hilirisasi jadikan produk-produk jadi,” kata Wapres saat menghadiri acara “Barus Bershalawat untuk Indonesia,” kata Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin di Lapangan Merdeka Barus, Padang Masiang, Kecamatan Barus, Kabupten Tapanuli Tengah, pada Rabu (15/2/2023).

Menurutnya, dengan hilirisasi ini meningkatkan nilai tambah suatu produk sehingga memberikan kemakmuran bagi masyarakat. Dalam “Barus Bershalawat untuk Indonesia”, Wapres juga menekankan pentingnya toleransi beragama yang harus tetap dijaga di Indonesia.

“Kita ini dianggap sebagai nehara paling toleran di dunia ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, banyak negara yang belajar tentang toleransi di Indonesia, seperti dari Timur Tengah.

“Orang-orang dari Timur Tengah datang ke saya, mereka bilang akan belajar dari Indonesia tentang toleransi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Wapres mendukung menjadikan Barus sebagai pusat pendidikan Islam.

“Saya minta tempat ini dibuat monumen yang memberi inspirasi. Buatlah tempat-tempat pendidikan di sini, tempat pelatihan di sini, tempat pengajian,” kata Wapres.

Bahkan, Wapres mendukung pembangunan pergurian tinggi Islam di Barus Sumatera Utara ini.

“Kalau perlu ada perguruan tinggi  ada studi tentang Islam bahwa di sini dimulai titik nol daripada peradaban Islam Nusantara,” pungkasnya. (Roy)

Komentar