Implementasi Srikandi dan TTE Terus Berkembang di Lingkup Pemkab Muba

News Satu, Musi Banyuasin, Rabu 7 September 2022- Setelah kick off oleh PJ Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi pada 21 Juli 2022 lalu, penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) dan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasian (Muba) terus berkembang.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten III Setda Muba Drs Syafaruddin dalam kegiatan Briefing Implementasi Srikandi dan Penggunaan TTE di Sekretariat Daerah Kabupaten Muba, bersama kepala bagian dan kepala perangkat daerah terkait, di Ruang Rapat Serasan Sekate Setda Muba.

“Alhamdulillah kurang lebih satu bulan setelah kick off penerapan aplikasi Srikandi dan TTE terus berkembang terkait urusan surat menyurat lainnya. Ini sejalan dengan komitmen pimpinan kita Pak Pj Bupati Muba,” katanya, Rabu (7/9/2022).

Dikatakannya, Sekretariat Daerah Kabupaten Muba sangat komitmen akan hal tersebut, oleh karenanya dilakukan briefing untuk membahas kendala-kendala teknis yang dihadapi agar sekretariat daerah lebih tertib lebih rapi menjalankan dalam menjalankan E-Office.

“Ini penting, untuk kita bahas mengenai teknis dan hal yang bersifat pendalaman pada saat penerapan,” tandasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus Plt Kepala Bappeda Sunaryo SSTP MM mengatakan banyak manfaat menggunakan aplikasi Srikandi bukan hanya surat masuk keluar saja, aplikasi ini juga sangat mudah dan nyaman untuk digunakan.

“Di dinas kami sudah menjadi kebutuhan Srikandi ini, sangat membantu pengurusan proses surat menyurat. Untuk penggunaan TTE tidak diperkenankan menandatangani di hari libur dan saat cuti,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten II Setda Muba H Yusuf Amilin aplikasi Srikandi ini, memang sangat membantu tugas pemerintahan karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana, dan perangkat daerah Muba juga sudah banyak yang menggunakannya.

“Untuk yang belum perlu kita buatkan surat untuk diingatkan, dan komitmen pimpinan kita menjadi pemicu semangat dalam hal ini,” pungkasnya.

Senada, Kabag Umum Setda Muba Sefrizal menyampaikan 100% pejabat struktural di lingkungan Setda Muba sudah melakukan tanda tangan elektronik.

“Kami pantau juga sudah banyak surat menyurat menggunakan tanda tangan elektronik. Srikandi ini berkembang terus surat menyuratnya, bahkan saat ini kita sudah bergerak dipinjam pakai kendaraan,” tutur Sefrizal.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Hj Nurzahrawati SPd MT mengatakan penerapan Srikandi juga merupakan bagian penting dari penilaian Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) oleh Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah sudah jalan di beberapa perangkat daerah, memang perlu kita ingatkan kepada perangkat daerah yang belum melaksanakan,” pungkasnya. (Iwan)