SMAN 3 Unggulan Kayuagung Gelar Purnawisuda Angkatan XVI ‘Victory Generation’

SMAN 3 Unggulan Kayuagung Gelar Purnawisuda Angkatan XVI 'Victory Generation'
SMAN 3 Unggulan Kayuagung Gelar Purnawisuda Angkatan XVI 'Victory Generation'

News Satu, Ogan Komering Ilir, Rabu 1 Mei 2019- SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar acara Purnawisuda Angkatan XVI ‘Victory Generation’ tahun akademik 2018/2019 di halaman sekolah.

Acara Purnawisuda Victory Generation dihadiri Bupati Ogan Komering Ilir yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Pendidikan OKI, Kepala Sekolah SMAN 3 Unggulan Kayuagung, tokoh masyarakat, para wali murid serta dewan guru SMAN 3 Unggulan.

“Purnawisuda ini merupakan prosesi terkhir bagi siswa untuk mengantarkan mereka ke masyarakat yang lebih nyata,” kata Kepala sekolah SMAN 3 Unggulan, Drs. Sugiyono, Rabu (1/5/2019).

Sugiyono menyatakan, selama 3 tahun di asrama ada 4 hal yang SMAN 3 tanamkan, yaitu kebersamaan, pembentukan karakter, kepribadian dan harus berani mengambil keputusan, tentunya ini dikenal dengan Victory Generation atau angkatan ke 17.

Dijelaskan Kepsek, sebanyak 182 siswa/siswi kami ini telah diterima di perguruan tinggi, persentasenya dari 182 siswa yang terdiri dari 123 Jurusan IPA dan 59 Jurusan IPS. Mereka semua sudah mendapat tempat sebesar 148% yang artinya satu siswa ada yang mendapat lebih dari satu perguruan tinggi.

“Untuk jalur SNMPTN tentu melampaui ekspektasi kami, dimana pada tahun kemarin siswa hanya ada 3 yang lolos dari jalur SNMPTN untuk kedokteran dan pada tahun ini ada 5 siswa yang lulus untuk kedokteran,” paparnya.

Ia berharap, siswanya terus dapat mengejar apa yang mereka cita-citakan, meski terkadang ada siswa yang mendapat perguruan tinggi namun tidak sesuai kriteria mereka. “Tentunya saya yakin dan berharap kepada mereka jadikan itu sebuah loncatan untuk sesuatu yang lebih besar ke depan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Komering Ilir yang diwakili Staf ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Anwar menyampaikan, SMAN 3 Unggulan Kayuagung berhasil lolos cerdas cermat tingkat nasional, sudah banyak mencetak generasi sukses dan mencetak SDM yang cerdas, memiliki keterampilan yang bermodalkan moral dan kedisiplinan.

“Kepada seluruh siswa yang sudah di terima di perguruan tinggi negeri di seluruh indonesia kami ucapkan selamat dan yang belum tetap semangat dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi.”

“Kepada para siswa yang ingin mencari jurusan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, cari jurusan yang banyak peluang kerjanya, tentunya adik-adik harus cerdas dalam memilih jurusan yang di inginkan,” tukas Anwar. (Hasan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.