Gelar Roadshow Literasi dan Inklusi Keuangan, TPAKD Sumsel Dorong Geliat Ekonomi

News Satu, Ogan Komering Ilir, Kamis 13 Oktober 2022- Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan ini dapat mendorong pertumbuhan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Ogan Komering Ilir melalui Roadshow Literasi bagi pelajar dan Inklusi Keuangan bagi pelaku usaha di Gedung Kesenian Kayuagung.

“Adanya relaksasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) mampu membuat pelaku UMKM bertumbuh, salah satu perwujudan untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang luas kepada masyarakat dan mendukung ekonomi daerah serta menggali potensi yang ada,” ujar Bupati OKI melalui Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ubaidillah, S.KM., M.KM.

Ubaidillah menambahkan peranan pemerintah daerah sangat besar dalam pemberdayaan masyarakat, banyak sekali usaha masyarakat di daerah yang potensial untuk dikembangkan. Namun sering kali terkendala masalah pemasaran dan permodalan.

“Harapannya setelah kegiatan ini usaha saudara sekalian menjadi lebih produktif dan permodalan yang cukup dikemudian hari serta mendapatkan informasi dari produk keuangan yang dibutuhkan dari ragam lembaga keuangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel melalui Asisten bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan, Dharma Budhy, SH, ST., MT mengatakan roadshow literasi dan inklusi keuangan ini sudah dilaksanakan di beberapa kabupaten dan kota di Sumsel untuk mendorong geliat perekonomian sekaligus pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“TPAKD ini terbentuk berdasarkan Instruksi Mendagri, bahwasannya pemerintah daerah diwajibkan membentuk TPAKD yang diketuai oleh Gubernur, Bupati/Walikota, dan ketua hariannya oleh Sekretaris Daerah. Salah satu program TPAKD ialah kegiatan pada hari ini, pemberdayaan, pengembangan, dan perluasan usaha lokal,” kata Dharma Budhy.

Ia mengapresiasi sinergisitas Lembaga Keuangan di  Kabupaten Ogan Komering Ilir seperti  Bank Sumsel Babel yang telah pro-aktif serta kemudahan atas jangkauan akses keuangan bagi masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Acara diakhiri dengan Penyerahan Simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR) Replanting bagi pelaku usaha, petani dan nelayan serta pemenang lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). (Hasan)

Komentar