Pemkab Pamekasan Anggarkan Rp 5 Miliar Untuk Program Wirausaha Muda

News Satu, Pamekasan, Kamis 10 September 2020- Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan, anggarkan 5 miliar khusus untuk program Wirausaha Baru (WUB) yang digeber pasangan  Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam dan Wabup H. Raja’e untuk pemuda Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Pengakuan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan Abdul Fata, anggaran milyaran ini dialokasikan untuk pembinaan pelaku usaha baru. Selain sebagai sebagai bentuk dukungan menumbuhkan ekonomi rakyat Pamekasan yang merupakan tanggung jawab dan tupoksi Dinas Koperasi dan UKM dalam membangun Pamekasan berkemajuan ke depan.

“Saat ini,  ada 425 wirausaha baru. Mereka, mengenyam pelatihan wirausaha baru yang sudah berjalan dan diprakarsai Disnakertrans Pamekasan,” katanya kepada media, Kamis (10/9/2020).

Selain dengan pola pelatihan dan pembekalan kapasitas manajemen usaha, dana 5 miliar ini juga bisa menjadi modal usaha bagi Wirausaha Baru yang tergabung dalam program tersebut. Jadi wirausaha baru yang telah mendapat pelatihan, mendapat hak untuk memperoleh pinjaman dana dengan kecil.

“Yakni hanya bunga sebesar 1 persen saja, padahal semestinya 6 persen. Itu, karena selisih bunganya di tanggung oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Program unggulan Pemkab Pamekasan ini merupakan salah satu program untuk upaya meningkatkan perekonomian rakyat dan memasyarakatkan semangat wirausaha hingga ke pelosok desa. Saat ini pemkab melalui Disnakertrans, telah merekrut sebanyak 42 orang tenaga pendamping untuk membina dan dampingi wirausahawan tersebut. Ini selaras dengan kemajuan berbasis desa.

“Pembangunan dan kemajuan ekonomi yang merata hingga desa. Itu, upaya memperkuat ekonomi kecil dengan semangat mewujudkan desa tematik dengan potensi yang diangkat wirausaha baru ini di desanya,” tutupnya. (Yudi)

Komentar