HEADLINENEWSNEWS SATUPAMEKASANPEMERINTAHANPEMKAB PAMEKASANREGIONAL

Pemkab Pamekasan Terus Raih Opini WTP LKPD Dari BPK RI

1764
×

Pemkab Pamekasan Terus Raih Opini WTP LKPD Dari BPK RI

Sebarkan artikel ini
Pemkab Pamekasan Terus Raih Opini WTP LKPD Dari BPK RI
Pemkab Pamekasan Terus Raih Opini WTP LKPD Dari BPK RI

News Satu, Pamekasan, Jumat 3 Mei 2024- Prestasi gemilang kembali diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang telah menorehkan sejarah dalam dunia birokrasi. Terbukti, Pemkab Pamekasan berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, menandai pencapaian kesepuluh secara berturut-turut.

Prestasi ini menjadi bukti nyata komitmen Pemkab Pamekasan dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Opini WTP yang diterima telah menjadi tradisi bagi Pemkab Pamekasan sejak tahun 2014 hingga tahun 2022.

Tidak hanya itu, pada tahun 2011 pun, Pemkab Pamekasan telah meraih opini serupa, meskipun pada 2012 dan 2013, opini yang didapatkan hanya sebatas Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Penyerahan anugerah WTP dan hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Pamekasan tahun anggaran 2023 dilakukan secara langsung oleh Penjabat Bupati Masrukin, didampingi oleh Ketua DPRD Pamekasan, Halili Yasin.

Pj Bupati Pamekasan, Masrukin menyampaikan bahwa opini WTP ini menegaskan bahwa laporan keuangan Pemkab Pamekasan telah disusun dengan cermat dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Laporan tersebut mencakup segala aspek penting seperti posisi keuangan (neraca), Laporan Realisasi Anggaran (LRA), dan Laporan Arus Kas.

“Proses penyusunan opini atas laporan keuangan melibatkan penilaian terhadap empat kriteria utama, termasuk kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dan kecukupan pengungkapan informasi (adequate disclosures),” katanya, Jumat (3/5/2024).

Masrukin juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat yang terus mendukung pembangunan daerah, serta kepada seluruh aparat sipil negara di lingkungan Pemkab Pamekasan yang telah berdedikasi dalam mencapai kemajuan bagi bumi gerbang salam ini.

“Prestasi ini tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah memberikan yang terbaik untuk pembangunan dan kemajuan Kabupaten Pamekasan,” pungkasnya. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.