oleh

Bawaslu Sumenep Terima Laporan Praktek Money Politik

News Satu, Sumenep, Rabu 17 April 2019- Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 pada 17 April 2019, merupakan pertama kali dilaksanakan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan praktek Money Politik yang dilakukan para tim sukses juga bakal terjadi pada hari H pelaksanaan Pemilu serentak.

Bahkan, Laporan dugaan pelanggaran pemilu berupa politik uang (Money Politik) diterima oleh Panwascam Pragaan dan Masalembu. Namun laporan tersebut tidak disertai bukti-bukti sehingga prosesnya belum berlanjut.

“Karena laporan itu tidak dilengkapi oleh alat bukti, Panwascam meminta pelapor untuk melengkapi dulu agar bisa diproses,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), Anwar Noris SH, Rabu (17/4/2019).

Lanjut Noris, pihaknya meminta seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mengawasi adanya praktek Money Politik dan laporkan ke Bawaslu.

“Jika masyarakat menemukan adanya praktek money politik, langsung laporkan dan kami pasti akan menindaklanjutinya,” ujarnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih belum menemukan adanya praktek Money Politik. Namun demikian, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh Panwaslu Kecamatan, jika ada ada laporan money Politik langsung ditindaklanjuti.

“Jika ada laporan Money Politik langsung ditindaklanjuti, dan jika cukup bukti langsung proses,” tegas Anwar Noris.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam UU Pemilu tersebut, untuk kasus money politics, Pasal 284 menyebutkan, “Dalam hal terbukti pelaksana dan tim kampanye pemilu menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada peserta kampanye secara langsung atau tidak langsung untuk tidak menggunakan hak pilihnya, menggunakan hak pilihnya dengan memilih peserta pemilu dengan cara tertentu sehingga surat suaranya tidak sah, memilih Pasangan Calon tertentu, memilih Partai Politik Peserta pemilu tertentu dan/atau memilih calon anggota DPD tertentu, sesuai dengan Pasal 286 hanya dijatuhkan sanksi administrasi

“Jadi saya himbau agar para tim sukses tidak melakukan praktek money Politik,” tandasnya.  (Nay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.