Jelang Ramadhan, Jumlah Pengunjung Wisata Religi Di Sumenep Membludak

Jelang Ramadhan, Jumlah Pengunjung Wisata Religi Di Sumenep Membludak
Jelang Ramadhan, Jumlah Pengunjung Wisata Religi Di Sumenep Membludak

News Satu, Sumenep, Rabu 1 Mei 2019- Menjelang bulan suci ramadhan jumlah pengunjung wisata religi di Sumenep, Maudra, Jawa Timur (Jatim) terus membludak. Seperti di Asta Sayyid Yusuf di Desa Talango, Kecamatan Talango, Pulau Poteran, dan sebanyak 200 perhari pada Makam Asta Gumuk yang terletak dilokasi desa Kalimo’ok tepatnya di Sebelah timur lapangan terbang Trunojoyo Sumenep, setiap harinya mencapai 500 orang.

Pengunjung yang datang berasal dari Madura, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, bahkan dari luar Jawa seperti Kalimantan dan Bali. Berbagai macam kalangan yang mengunjungi destinasi tersebut mulai dari kalangan santri, tokoh masyarakat, para pegawai, rakyat biasa, dan uniknya komuniatas Motor juga ikut berziarah ke makam para wali yang berada di Kabupaten Sumenep.

Menurut penanggung jawab Asta yang terletak di pulau Talango ini mengatakan, tujuan para peziarah selain untuk berdoa juga ada yang ingin menunaikan hajat pribadi, serta ingin menyempurnakan puasa ramdhan yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi.

“Tujuan para peziarah disini bermacam macam, ada yang niatnya untuk berdo’a, menunaikan hajat pribadi, serta menyempurnakan puasa yang sebentar lagi akan dilaksanakan pada bulan suci ramadhan ini, ” kata Abdus mewakili Ketua destinasi pada saat dijumpai di Pendopo, Rabu (1/5/2019).

Selain itu bagian Ketua Bidang pemasaran Dinas Pariwisata Budaya dan Pemuda Olahraga juga mengatakan meski sumenep sendiri berada di paling ujung timur pulau Madura tapi jumlah kunjungan wisata religi sangat banyak dan meningkat memasuki bulan suci Ramadhan mulai bulan April hingga saat ini.

“Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan jumlah pengunjung wisata religi di Sumenep ini sangat banyak dan meningkat sejak April 2019 hingga saat ini, ” kata Halimatus Suhra.

Harapan ibu yang murah senyum ini ingin jumlah Pariwisata di Sumenep ini semakin bertambah seiring berjalannya waktu, dan para penanggung jawab Destinasi khususnya tetap menjaga kelestarian alam serta nilai religi yang baik sesuai perannya masing masing.

Senada dengan penuturan Abdullah selaku juru kunci Asta Gumok ini yang mengungkapkan tentang jumlah peziarah yang melambung tinggi, terhitung pada setengah bulan Sebelum menghadapi bulan puasa yakni sekitar tanggal 16 April 2019.

“Jumlah peziarah melambung tinggi sejak 16 April kemarin,” Ungkapnya.

Destinasi Wisata Religi di Sumenep banyak diminati oleh masyarakat luas, disamping tujuan beribadah juga peziarah disambut dengan sangat ramah. Para pecinta alam yang sangat betah berlama di tempat wisrel ini, dengan menikmati keindahan panorama alam yang natural dan sangat dekat dengan alam, serta berdirinya pohon besar yang menaungi tempat pesarean membuat sejuk suasana dzikir.

Salah satu ketua Club Motor Cb Sampang Hendra, juga ikut berkomentar terkait Wisata di Sumenep ini Memang terkenal Asri dan sejuk serta masih lekat dengan nuansa Keraton Zaman dulu.

“Kesan saya mewakili semua teman teman komunitas Cb, ketika berada di Asta Sumenep ini begitu menyenangkan, nuansa keraton masih melekat pada bangunan Pendopo, tempat peristirahatan, serta pesarean yang begitu asri dan sejuk membuat kami berdoa sangat tenang, ” pungkasnya. (Ifa/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.