oleh

Parade Layang-layang Dan Batik On The Sea 2019 Di Slopeng Sumenep

News Satu, Sumenep, Sabtu 27 Juli 2019- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Batik On The Sea 2019 dan Parade Layang-layang di Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Sabtu (27/7/2019). Pagelaran Parade Layang-layang, fashion competition, pameran batik dan photography competition ini dalam rangka event Visit Sumenep 2019.

Bupati Sumenep A Busyro Karim mengatakan, kegiatan Batik On The Sea ini digelar dalam upaya mempertahankan eksistensi dan meningkatkan industri batik di Kabupaten Sumenep, dan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini bagian perhatian pemerintah daerah supaya batik tidak tergerus perkembangan zaman, namun menjadi pakaian sehari-hari, sehingga konsep peragaan busana memakai pakaian batik itu sengaja mengkolaborasikan kultur dan tradisi masyarakat Sumenep,” katanya, Sabtu (27/7/2019).

Selain mengadakan lomba untuk melestarikan batik, lanjut Bupati Sumenep dua periode ini, pihaknya juga mewajibkan pakaian seragam kepada siswa sekolah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Pada hari-hari tertentu siswa berpakaian seragam sekolah batik Labang Mesem, sementara ASN setiap hari Selasa berpakaian batik Ganalan Billa Banten juga pada kegiatan lain berpakaian batik,” ujarnya.

Oleh karena itu, mantan Ketua DPRD Sumenep dua periode ini berharap kegiatan Batik On The Sea ini, dapat memperkuat identitas daerah dan mengangkat citra batik khas Kabupaten Sumenep, supaya semakin populer di nusantara bahkan dunia internasional.

“Saya mengajak seluruh pihak ikut serta melestarikan dan mengembangkan batik Sumenep, salah satunya dengan cara memakai serta membeli produk batik Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. (Nay)

Komentar

News Feed