Bentuk Satgas khusus,  Pemkab Bondowoso Akan Tertibkan Reklame Tak Terurus

News Satu, Bondowoso, Senin 6 Juli 2020- Pemerintah Daerah Bondowoso akan menertibkan objek pajak yang tak berijin dalam waktu dekat. Utamanya pajak reklame yang sudah mati karena tak diurus oleh vendornya.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, usai menggelar rapat bersama Dinas Perijinan dan Bappenda mengatakan, penertiban dilakukan dengan membentuk Satgas ( Satuan Tugas) khusus yang bertugas melakukan penertiban objek-objek pajak yang tidak berijin.

Walaupun tak menyebutkan secara terperinci anggota Satgas itu, Wabup Irwan menyebutkan bahwa nantinya Satpol PP yang menjadi salah satunya yang akan melakukan penertiban pada titik pajak reklame yang tidak berijin itu.

“Ini yang nantinya akan dilakukan oleh Satpol PP utamanya titik pajak reklame yang tidak berijin,” kata Politis PDIP itu, Senin (6/7/2020).

Baca Juga :  Wabup Irwan Apresiasi Giat PWI Bondowoso, Baksos Donor Darah

Selanjutnya terhadap objek pajak tak berijin itu pihaknya akan melakukan pemotongan (Papan Reklame, red). Atau nanti akan dikelola oleh daerah.

“Apakah akan dilakukan pemotongan atau dikelola oleh daerah karena perdanya begitu sudah tidak dilakukan oleh vendor itu menjadi asset daerah. Sehingga sewanya pajaknya sudah menjadi kewenangan daerah,” jelasnya.

Ia menerangkan bahwa langkah ini dilakukan karena sebagai upaya dalam mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak.

“Sehingga dioptimalkan mengurusi ijin sehingga dioptimalkan mereka mengurusi ijin sehingga ada pemasukan di sektor perijinan,” ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya juga akan melakukan optimalisasi strategi intensifikasi dan ekstensifikasi sehingga di APBD 2021 sudah bisa minimal  mendekati normal.

Baca Juga :  Ini Pesan Wabup Bondowoso Pada DPD KNPI Bondowoso

“Optimalisasi pendapatan daerah juga akan dilakukan pada UMKM, pajak air bawah tanah, IMB, sektor wisata dan lainnya, parkir juga utamany parkir-parkir khusus,” pungkasnya. (Rokib)

Komentar