Ogan Komering Ilir Siaga Karhutlah Di Tengah Pandemi

News Satu, Ogan Komering Ilir, Sabtu 13 Juni 2020- Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten OKI bersiaga menghadapi ancaman bencana kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunlah), meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Penggunaan teknologi drone bakal dimaksimalkan, untuk mengawasi titik rawan karhutlah di OKI.

“Sudah ada pemetaan titik rawan, sepanjang waktu kita akan awasi menggunakan drone khususnya wilayah rawan karhutla itu,” ujar Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy SH, SIK, M.Si, Sabtu (13/6/2020).

Kondisi pandemi Covid-19, ungkap Alamsyah, tidak mengurangi semangat penanganan dan pencegahan karhutbunlah di OKI.

Kapolres juga mengungkap upaya preventif akan dikedepankan dalam penegakan hukum karhutbunlah, namun demikian bukan berarti tidak ada tindakan tegas jika terjadi pembakaran hutan secara sengaja oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Polres OKI Gelar Operasi Zebra Tahun 2018

“Jika masih ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab membakar hutan dan lahan, kami tidak akan segan-segan untuk memenjarakan,” tegasnya.

Alamsyah juga mengajak seluruh elemen untuk bersatu padu, karena pencegahan dan penanganan karhutla ini menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen di Kabupaten OKI baik Forkompimda, perusahaan maupun masyarakat.

“Harus sama-sama kita bahu-membahu, penanganan karhutla di Kabupaten OKI ini harus dilakukan dengan baik,” tukasnya.

Alamsyah juga mengingatkan agar seluruh ikhtiar pencegahan dan penanganan yang akan dilakukan, agar diiringi dengan do’a kepada Yang Maha Kuasa.

“Semua upaya kita harus diiringi dengan do’a kita bersama, dimanapun kita berada baik secara individu maupun kelompok. Kita sama-sama meminta kepada Allah agar kebakaran hutan di daerah kita dapat diminimalisir, bahkan tidak ada sama sekali, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah,” tutupnya.

Baca Juga :  Tim Gabungan OKI Sidak Harga Sembako di Pasar Kayuagung

Seusai Apel, Forkopimda meninjau persiapan sarana-prasarana yang disiapkan oleh perusahaan yang ada di Kabupaten OKI sebagai bentuk partisipasi aktif mereka dalam upaya preventif Karhutla di Bumi Bende Seguguk. (Hasan)

Komentar