Dispendukcapil Pamekasan Komitmen Lebih Prima, Dengan Program Lantor

News Satu, Pamekasan, Kamis 12 Mei 2022- Program inovasi dalam peningkatan layanan prima bagi masyarakat terus digenjot pemerintah kabupaten Pamekasan Jawa timur. Terutama dalam pelayanan kependudukan yang diampu oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dispendukcapil melalui program LANTOR (Layanan Tak Osa Toron Dèri Motor).

Ini dilakukan sebagai komitmen besar pemerintah dalam percepatan akses layanan publik di Bumi Gerbang Salam pada kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam. Bahkan dilakukan dengan konsep apik serta cepat praktis, yang merupakan layanan digital dalam mengurus surat-surat kependudukan.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengatakan pada media, Program Lantor merupakan inovasi pencetakan dokumen kependudukan terbaru. Terutama yang dilakukan oleh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pamekasan khususnya bagi pengguna transportasi, seperti motor dan mobil tanpa turun dari kendaraan.

“Jadi layanan percetakan KTP yang rusak, hilang, KK hilang, rusak atau surat kelahiran ini tidak harus turun dari motor, cuma tinggal menyetorkan berkas atau dokumen kepada petugas setelah langsung jadi KTP atau KK yang baru,” tukasnya, Kamis (12/5/2022).

Menurut Baddrut Tamam, secara teknis untuk berkas persyaratan program Lantor hanya harus siapkan sedikit berkas oleh pemohon. Yakni diantaranya dengan membawa dokumen yang rusak, Khusus dokumen yang hilang cukup membawa surat keterangan hilang dari Kepolisian.

“Jadi dengan program ini, kira ngurus surat kependudukan simple tidak banyak persyaratan. Ini program inovasi yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Pamekasan dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” katanya.

Tak ayal jika dari inovasi tersebut, Bupati Baddrut beri apresiasi dan berharap warga atau pemohon akan terbantu dari pola program tersebut. Lalu kedepan, pihaknya berharap program tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi warga pamekasan yang ingin mengurus surat kependudukan.

“Pelayanan publik terhadap masyarakat di era digital ini perlu kiranya terus dilakukan dengan adanya pembaharuan inovasi dan terobosan baru,” ujarnya.

Sekedar informasi, Program inovasi Lantor ini diletakan Mall Pelayanan Publik Islamic Cantar Pamekasan, Jalan Raya Panglegur, kota Pamekasan. Tentunya dengan pertimbangan agar masyarakat lebih mudah dan leluasa mengakses informasi dan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah dalam pelaksanaan dukcapil.

“Tujuannya untuk mempercepat pembangunan SDA dan SDM sehingga roda pemerintahan dapat berjalan secara stabil dan cepat,” tuturnya.(Yudi)

Komentar