Prajurit Bersih-bersih Pantai Branta Pesisir Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Senin 18 September 2023- Prajurit Tentara Nasional Indonesia atau TNI di jajaran Koramil 0826-02 Tlanakan turun dalam aksi bersih-bersih Laut dan Pantai di Branta Pesisir. Tepatnya, yang berada di Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Sebagai salah satu unsur penting negara, tentu kehadiran tentara juga wajib menjaga kebersihan lingkungan Laut dan Pantai. Kemudian, menjaga ekosistem yang hidup di dalamnya, serta mendukung mata pencaharian masyarakat nelayan di wilayah selatan sekitar Branta Pesisir.

Menurut Kapten Arh Joko Murtilam, Danramil 0826-02 Tlanakan, pihaknya juga secara khusus arahkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama di area pantai. Sebab dengan kondisi yang ada pihaknya merasa miris dengan masih banyaknya perilaku buang sampah sembarangan di bibir pantai tersebut.

“Mari kita sama-sama jaga kebersihan lingkungan untuk kelangsungan hidup ekosistem yang ada di laut, karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat Branta merupakan nelayan yang bergantung pada hasil laut,” katanya, Senin (18/9/2023).

Tak ayal jika Kapten Arh Joko Murtilam kerap mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dalam menjaga kebersihan pantai. Yaitu dengan terus saling membantu dan gotong-royong melaksanakan karya bhakti seperti kegiatan bersih-bersih pantai ini.

“Tidak hanya personel dari Koramil 0826-02 Tlanakan yang terlibat dalam kegiatan ini, melainkan juga anggota dari Polsek Tlanakan, Pemerintah Kecamatan Tlanakan, Dinas Perikanan, KUPP Kelas II Branta, Keamanan dari TNI Angkatan Laut, Polairud, Perangkat Desa Branta Pesisir, dan masyarakat setempat,” tukasnya.

Jadi digelaran kali ini semua pihak dilibatkan dan harus berkomitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan laut dan pantai. Semua demi keberlanjutan ekosistem dan mata pencaharian nelayan di Branta Pesisir.

“Mari terus tanamkan jiwa untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah di bibir pantai agar semua pihak merasa nyaman dan alam terus bersahabat dengan kita,” pungkasnya. (Yudi)

Komentar