oleh

Pertahankan Zona Hijau, Ini Yang Dilakukan Bupati Sumenep

News Satu, Sumenep, Selasa 14 April 2020 – Penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 semakin meluas di Jawa Timur (Jatim), bahkan di Madura. Saat ini dua Kabupaten di pulau madura sudah masuk dalam kategori zona merah, yakni kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Bangkalan, sementara dua Kabupaten lainnya, Sampang dan Sumenep masih dalam zona hijau.

Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim menuturkan, untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus yang sangat meresahkan ini, hal yang paling penting adalah memperketat akses pintu masuk ke Kabupaten Sumenep, baik di daratan maupun di kepulauan.

Dalam penuturannya, Bupati dua periode ini menerangkan bahwa, sesuai dengan surat dari Kementrian dan Gubernur Jawa Timur, Busyro mengaku telah sigap menindak lanjuti surat tersebut, salah satunya dengan cara memberikan surat pada setiap Desa yang berada di Kabupaten berjuluk Kota Keris ini.

“Sampai saat ini, jumlah warga sumenep yang tercatat pulang dari perantauan mencapai hingga ribuan jiwa. Termasuk dari kepulauan yang perlu menjadi catatan khusus,” kata A. Busyro Karim Bupati Sumenep, Selasa(14/04/2020).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, mengharapkan agar himabauan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi, langsung ditindaklajuti dengan kerja nyata bukan hanya sebatas wacana semata.

Di Sumenep sendiri, lanjut Busyro, hal tersebut dibuktikan dengan kekompakan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang langsung turun kelapangan untuk melakukan penyemprotan Disinfektan guna mencegah covid-19 ini.

“Tidak hanya itu, juga ada keterlibatan dari Gusdurian, Ansor, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Sumenep yang turun langsung kelapangan utuk sosialisasi dan melakukan penyemprotan, serta pemeriksaan kepada warga Sumenep yang baru datang dari luar daerah,” tandasnya. (Hasan)

Komentar