Jajaran Polresta Probolinggo Bersama Dokter, Cek Kondisi Hewan Ternak

News Satu, Probolinggo, Sabtu 14 Mei 2022- Sehubungan mewabahnya penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada ternak hewan khususnya sapi maka stakeholder terkait yaitu Polisi bersama dokter kehewanan setempat mengunjungi peternak sapi untuk memberikan penyuluhan, pengetahuan seputar penyakit kuku dan mulut serta cara – cara menanggulanginya, Sabtu (14/5/2022).

Dari pantauan dilokasi tampak Kapolsek mayangan, kasat Reskrim Probolinggo kota, KBO Binmas, Kasi humas serta Dokter hewan dan Mantri hewan lakukan pengecekan Sapi ternak milik Abu amar, di Jl Ikan tongkol, kelurahan/kecamatan Mayangan, kota Probolinggo.

Tim Sat KBO binmas Polresta Probolinggo, Iptu Mugi mengatakan dari hasil cek dan pendataan tidak ada temuan hewan Sapi di kota Probolinggo terinfeksi virus PMK.
“Alhamdulillah kondisinya sehat tidak ada temuan. Sapi perah nya setiap harinya 15 liter susu. Pengecekan oleh dokter hewan sebanyak satu bulan dua kali,” ujarnya.

“Hasilnya tidak ada temuan terjangkit virus PMK terhadap Hewan ternak di sini,” lanjutnya.

“Biasanya tanda-tanda sapi yang terjangkit PMK gejalanya suhu panas badan hewan itu tinggi. Mulutnya mengeluarkan liur ludah. Kondisinya selalu gemetar, kalau sedang duduk tidak mau berdiri. Hasil susu perahnya menurun drastis dan tidak mau makan serta kuku dan bibir bengkak atau moncong,” pungkasnya. (Bambang)