oleh

Walikota Probolinggo Cari Penyebab Banjir

News Satu, Probolinggo, Rabu 8 Januari 2020- Tingginya curah hujan di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Walikota Moxh. Soufis Sobri langsung melakukan peninjauan beberapa sungai.

“Saya hanya ingin memastikan saja, apa yang menjadi penyebab terjadinya genangan air atau biasa disebut banjir di Kota Probolinggo,” kata Walikota Probolinggo, Rabu (8/1/2020).

Walikota Probolinggo melakukan peninjauan di Sungai Seng dekat Taman Pemrosesan Akhir (TPA) Bestari Jalan Anggrek, karena sungai itu adalah hilir dari beberapa sungai di kota. Subri melihat, kendala di Sungai Seng karena jembatannya rendah karena bangunan lama milik Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional.

“Ini harus segera dicarikan solusinua,” ujarnya.

Sedangkan, di Sungai Kasbah di Jalan Soekarno Hatta, ada pipa rendah yang masih akan dilacak milik siapa. Rendahnya pipa juga menjadi salah satu penyebab luapan air di sungai lebih cepat ditambah tumpukan sampah. Saat dibersihkan, sungai tersebut didapati sampah yang menghambat air, khususnya sampah dari sawah (tumbuhan sisa panen, red).

“Kami mempelajari, karena hujan ini menjadi penyebab Kota Probolinggo terjadi genangan air. Ini tidak bisa disepelekan. Jangan sampai menunggu seperti daerah lain. Polanya kenapa, apa karena sumbatan atau drainase yang kurang baik atau kenapa?,” jelas wawali.

M Subri menambahkan sungai yang berpotensi terjadi luapan air ada di Sungai Kasbah, Sungai Seng, Sungai Kapuran dan di Kademangan.

“Tapi begini, penyebab utama adalah sampah masyarakat yang sembarangan buang sampah. pungkasnya. (Bambang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.