oleh

BPBD Sumenep Himbau Desa Manfaatkan DD untuk Atasi Kekeringan

News Satu, Sumenep, Rabu 10 Juli 2019- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menghimbau kepala desa agar memanfaatkan dana desa (DD) untuk mengatasi masalah kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd Rahman Riadi, mengungkapkan, pemanfaatan dana desa untuk mengatasi kekeringan perlu dilakukan hususnya bagi desa yang sering dilanda kekeringan. Apalagi di Permendes, penggunaan dana desa diperbolehkan untuk penanggulangan bencana.

“Desa perlu menggunakan DD untuk mengatasi kekeringan. Sebab di Permendes disebutkan dana desa bisa digunakan untuk penanggulangan bencana termasuk kekeringan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd Rahman Riadi, Rabu (10/7/2019).

Ia menjelaskan, masalah kekeringan harus menjadi perhatian bersama untuk memecahkan. Semua pihak harus bersinergi agar kekeringan tidak selalu melanda dan masyarakat bisa mendapatkan akses air dengan mudah.

“Jadi tidak bisa hanya ditangani oleh BPBD. Semua pihak harus ikut andil. Tak terkecuali pemerintah desa,” ungkapnya.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan, lanjut Rahman, Desa bisa menggunakan dana desa untuk membeli tandon, melakukan pengeboran, perpipaan dan lain-lain. Sehingga akses masyarakat terhadap air bersih bisa lebih dekat.

“Sehingga ketika musim kemarau masyarakat tidak kebingungan untuk mendapatkan air bersih,” imbuhnya. (Ozi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.