Kesan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan RSUD Moh Anwar Sumenep

News Satu, Sumenep, Senin 3 Juli 2023- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap para pasien. Bahkan, salah satu pasien memberikan apresiasi terhadap pelayanan yang diberikan.

Kusrianto salah seorang keluarga pasien asal Kecamatan Batang-Batang, mengaku puas dan terkesan dengan pelayanan kesehatan perawat dan dokter RSUD Sumenep dalam merawat pamannya, yakni Asmoni, yang mengidap penyakit paru-paru.

“Pelayanan kesehatannya bagus. Setiap kali paman saya butuh ditangani, maka perawat datang dengan sigap. Tanpa harus menunggu lama, para perawat segera menangani setiap keluhan dan penyakit yang diderita paman,” ungkapnya, Senin (3/7/2023).

Lanjut Kusrianto, pasien biasanya menekan bel di ruang rawat inap saat membutuhkan perawat. Setelah bel ditekan, tak lama kemudian, perawat datang ke kamar pasien.

“Bel yang telah disediakan membantu kami saat hendak melaporkan situasi dan kondisi terkini terkait kondisi pasien. Kami tidak usah menunggu setengah jam, apalagi satu jam, dalam hitungan menit, perawat langsung datang, usai kami menekan bel,” ucapnya.

Ia berharap, pihak RSUD Sumenep dapat mempertahankan pelayanannya, sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi para pasien dan keluarga pasien.

“Pelayanan yang sudah bagus ini harus selalu dipertahankan, karena RSUD menjadi tempat bertaruh banyak orang yang menderita penyakit,” tandasnya.

Sementara, Direktur Utama RSUD dr. Moh. Anwar, dr. Erliyati melalui Humasnya, Arman Endika Putra mengatakan, pihaknya memang terus meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap para pasien.

“Terimakasih aspirasinya, dan kami akan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu lanjut Arman, pihaknya juga membuat program Wahana Internship Dokter Baru. Program tersebut merupakan upaya untuk menjaring kualitas calon dokter yang nantinya akan melayani masyarakat di bidang kesehatan.

“Mereka nantinya akan mengikuti program ini selama 1 tahun atau dengan bahasa lainnya mereka akan mengabdi di RSUD Sumenep ini,” tandasnya.

Ia menyatakan, program itu nantinya kan diikuti oleh calon dokter yang sudah menempuh pendidikan kedokteran dan dalam hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pihak RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep untuk menjaring kualitas SDM calon dokter dan mempermudah dalam menjaring dokter terbaik.

Sebab, jika dokter yang dimiliki rumah sakit sudah bagus, secara otomatis, pelayanan akan dikit baik pula.

“Dari beberapa orang yang akan mengikuti program Internship Dokter di sini nanti, semuanya akan dinilai berdasarkan bagaimana mereka ketika di lingkungan RSUD dan tentunya akan didampingi,” jelasnya.

Ia menegaskan, ada kewajiban yang harus ditempuh sebelum melakukan pekerjaan secara mandiri dan mereka akan melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh pihak internal RSUD Sumenep.

“Dokter yang bisa ikut dalam program ini boleh dari mana saja, baik warga Sumenep maupun dari daerah lain. Tujuan kami untuk menjaring SDM yang mumpuni, sesuai dengan tujuan kami untuk meningkatkan pelayanan,” imbuhnya.

Saat ini, sudah ada 7 orang yang sedang mengikuti program tersebut. Saat ini mereka sedang mengikuti program dengan pendampingan dari para senior yang ada di rumah sakit. (Roni)

Komentar